Potensi Sumber Daya Alam yang Bisa Buat Indonesia Jadi Negara Maju, Yuk Kita Jaga!

Indonesia merupakan negara dengan segudang kekayaan, mulai dari kebudayaan, agama, dan sumber daya seperti gas bumi dan batu bara.

290
0

Indonesia merupakan negara dengan segudang kekayaan, mulai dari kebudayaan, agama, dan sumber daya yang ada di dalamnya. Sampai saat ini, Indonesia masih berproses untuk menjadi negara maju di tengah kemajemukan yang ada di dalamnya.

Namun, masyarakat tentu berharap perlahan Indonesia bisa menjadi negara bersaing di kancah internasional dalam berbagai hal. Proses ini diharapkan bisa terjadi dalam waktu dekat atau lambat.

Dan ada satu hal yang menjadikan Indonesia unggul dibandingkan negara lain dalam potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) di dalamnya. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat Republik Indonesia menjadi negara maju.

Merujuk dari data yang Oppal terima, sedikitnya ada lima sumber daya alam energi dan sumber daya alam hayati yang bisa menunjang Indonesia menjadi negara maju, apa saja itu?

1. Potensi Minyak Bumi

Berdasarkan laman resmi kementerian ESDM (esdm.go.id), cadangan minyak bumi di Indonesia akan tetap tersedia hingga 9,5 tahun ke depan. Sementara untuk umur cadangan gas bumi Indonesia mencapai 19,9 tahun.

Saat ini, cadangan minyak bumi nasional ada sebanyak 4,17 miliar barel dengan cadangan terbukti sebanyak 2,44 miliar barel dan cadangan belum terbukti sebanyak 2,44 miliar barel.

2. Potensi Gas Alam

Masih dari sumber yang sama, Kementerian ESDM Republik Indonesia juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penghasil gas alam terbesar di dunia. Bahkan, cadangan untuk gas alam yang ada mencapai 62,4 triliun kaki kubik (cubic feet) dengan cadangan yang sudah terbukti sebanyak 43,6 triliun kaki kubik (cubic feet).

Angka ini akan terus bertambah seiring penemuan-penemuan lokasi cadangan gas yang tersebar di seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke.

3. Potensi Batu bara

Batu bara menjadi salah satu kekayaan sumber daya alam Indonesia yang tidak akan habis dalam waktu 65 tahun kedepan dengan asumsi tidak ada temuan cadangan baru. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kementerian ESDM melalui website resmi mereka.

Cadangan dari batu bara Indonesia saat ini mencapai 38,84 miliar ton dengan rata-rata produksi yang mencapai 600 juta ton per tahun.

Lantas jika kita sudah mengetahui Indonesia dengan segala kekayaan sumber daya alam yang ada di dalamnya, apa langkah kita untuk bisa menjaga dan merawatnya? Mengutip dari Gramedia.com ada beberapa cara untuk menjaga kelestarian sumber daya alam non hayati secara sederhana.

  • Memakai kendaraan umum dibanding kendaraan pribadi guna mengurangi polusi udara.
  • Menghemat penggunaan air.
  • Tidak melakukan eksploitasi terhadap sumber daya tambang (minyak bumi, batu bara, emas, dll).
  • Tidak mencemari lingkungan dengan membuang limbah ke sungai atau laut.
  • Melakukan penambangan di tempat yang tepat yang sudah ditentukan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan sesama serta kelestarian alam.

Itu lah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam (SDA) yang ada di Indonesia. Yang paling mudah dan bisa kamu lakukan adalah memakai kendaraan umum, menghemat penggunaan air serta tidak mencemari lingkungan. Sudah mulai belum, gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post