Sejarah Hari Musik Nasional dan Hubungannya dengan WR Supratman

9 Maret merupakan hari lahir dari WR Supratman.

139
0
Hari Musik Nasional

Selamat Hari Musik Nasional untuk seluruh insan permusikan Indonesia! Ucapan selamat ini memang harus kita gaungkan hari ini kepada seluruh orang yang berkontribusi di dunia permusikan tanah air, pasalnya hari ini memang diperingati sebagai Hari Musik Nasional di Indonesia.

Sejarah mengungkapkan bahwa Hari Musik Nasional tidak terlepas dari sosok pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman.

Ilustrasi konser yang ada di Indonesia/Unsplash

Tepat pada 9 Maret, tokoh yang sangat dekat dengan lagu kebangsaan kita lahir dan tanggal lahir beliau ini juga dijadikan sebagai hari peringatan Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional ditetapkan pada masa kepemimpinan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 lalu. Hari Musik Nasional ditetapkan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 tahun 2013.

Poin penting dalam Keppres itu adalah penetapan Hari Musik Nasional merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat kepada musik Indonesia.

Ilustrasi konser yang ada di Indonesia/Unsplash

Penetapan hari ini juga diharapkan bisa membantu meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri para musisi Indonesia untuk berkarya di dalam negeri maupun dunia Internasional.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Musik Nasional ini, salah satunya adalah mendukung dan mengapresiasi para musisi musik lokal. Sekarang ini, sudah banyak konser dan festival musik yang bisa kamu kunjungi setelah hampir dua tahun acara semacam ini tidak kita temui akibat pandemi.

Dengan datang ke konser musik dan festival, hal itu menjadi salah satu bentuk apresiasi yang bisa kamu berikan kepada musisi tanah air.

Selain itu, media sosial saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, sehingga membagikan unggahan dan mengucapkan Selamat Hari Musik Nasional kepada musisi kesukaan kamu juga bisa menjadi cara merayakan hari ini dengan sederhana.

Baca juga: “Today in History: Hari Musik Nasional

Sekali lagi, Selamat Hari Musik Nasional untuk seluruh musisi Indonesia. Terima kasih sudah menghibur kami lewat karya-karya yang luar biasa!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *