Selain Ramah Lingkungan, Ini 6 Keuntungan Menggunakan Kendaraan Listrik yang Perlu Kamu Tahu

Sudah siap beralih ke kendaraan listrik?

89
Keuntungan Kendaraan Listrik

Pemerintah semakin gencar mendorong penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat karena manfaatnya yang lebih ramah lingkungan. Tren penggunaan listrik di Indonesia pun kini meningkat karena didorong berbagai infrastruktur penunjang.

Fasilitas penunjang tersebut di antaranya tempat isi ulang daya listrik yang mulai banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, serta berbagai kebijakan bagi pengguna kendaraan listrik.

Di samping itu, banyak perusahaan otomotif juga yang kini memproduksi kendaraan listrik dengan harga terjangkau. Kerennya lagi, makin banyak juga masyarakat yang mulai beralih ke kendaraan listrik. Lantas, apa sih kelebihan menggunakan kendaraan listrik?

1. Bebas dari PPnBM

Ilustrasi menggunakan motor listrik/motorplus-online.com

Keuntungan memiliki kendaraan listrik yang pertama adalah bebas biaya Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Hal ini tercatat pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021, bahwa mobil listrik dikenakan sebesar 15% dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) sebesar 0%.

Jika harga kendaraan listrik nggak dikenakan biaya PPnBM, diharapkan harga jual barunya juga lebih terjangkau. Jadi, banyak konsumen yang tertarik untuk beralih atau membeli kendaraan listrik.

2. Bebas ganjil genap

Ilustrasi ganjil genap/shutterstock

Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 Pasal 4 menyebutkan, kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik tidak diberlakukan sistem ganjil genap.

Itu artinya, pemilik kendaraan listrik bisa keliling di sekitar jalan Ibu Kota Jakarta tanpa khawatir diberhentikan atau tertangkap Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) karena menggunakan plat nomor yang nggak sesuai.

3. Pengisian daya yang fleksibel

Keuntungan Kendaraan Listrik
Ilustrasi pengisian daya kendaraan listrik/shutterstock

Jika pengguna kendaraan konvensional biasanya perlu mengantre di SPBU untuk mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak), pengisian daya kendaraan listrik bisa dilakukan di rumah dengan kapasitas daya listrik tertentu.

Mobil listrik umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 8-10 jam untuk pengisian daya di rumah dan 3-4 jam untuk pengisian dayanya di charging station. Sementara, motor listrik biasanya memerlukan waktu 2-3 jam di charging station.

Tapi, untuk pemakaian listrik di rumah, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yakni daya penggunaan listrik. Kamu bisa menambah daya listrik PLN dengan mudah sesuai kebutuhan, karena kini bisa dilakukan secara online, lho!

4. Bakal disubsidi

Keuntungan Kendaraan Listrik
Penggunaan kendaraan listrik dianggap lebih ramah lingkungan/voi.id

Kendaraan listrik dianggap lebih ramah lingkungan, sehingga membuat pemerintah semakin gencar mendorong penggunaannya lewat berbagai kebijakan. Termasuk insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen terhadap pembelian mobil listrik. Ada juga subsidi Rp7 juta untuk pembelian motor listrik.

Selain itu, pemerintah juga ingin menetapkan kebijakan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), baik untuk mobil listrik maupun motor listrik, per bulan Januari 2025.

5. Harga bisa lebih murah

Keuntungan Kendaraan Listrik
Tampilan motor listrik/momotor.id

Harga mobil listrik diperkirakan bisa turun dengan signifikan, terutama jika berbagai merek otomotif mulai memproduksi baterai dalam negeri. Dengan begitu, biaya produksi, bahan dasar dan impor bisa ditekan untuk menurunkan harga.

6. Kualitas udara meningkat

Keuntungan Kendaraan Listrik
Ilustrasi keuntungan menggunakan kendaraan listrik/shutterstock

Keuntungan menggunakan kendaraan listrik juga membantu dalam mengurangi jumlah emisi gas buang kendaraan. Sebab, kendaraan listrik nggak menghasilkan polusi udara sama sekali ketika dikendarai. Sehingga membuat kualitas udara, terutama di kota-kota besar, bisa meningkat secara optimal.

Itulah 6 kelebihan dalam menggunakan kendaraan listrik. Bagaimana menurut kamu, gengs? Sudah siap beralih ke kendaraan listrik?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!