Selamat Jalan untukmu Mak Nyak, Terima Kasih Atas Karyamu Selama Ini

Sebelum tutup usia, Ibu Aminah masih aktif memerankan Mak Nyak di setiap film hingga serial Si Doel.

135
0
Mak Nyak

Kabar duka datang dari industri hiburan tanah air. Ibu Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan tutup usia pada Rabu, 21 Desember 2022. Kabar duka ini juga langsung dibenarkan oleh Rano Karno, pemeran Doel, anak pertama Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Foto suasana rumah duka Mak Nyak / OPPAL – Rio

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih)..
Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT Aaminn YRA,” kata Rano Karno di akun Instagramnya @si.rano.

Dilihat dari berbagai sumber, sebelum meninggal dunia, Ibu Aminah masih aktif memerankan Mak Nyak di setiap film hingga serial Si Doel meski hanya terbaring di tempat tidur.

Sebuah dedikasi yang luar biasa dari aktris legendaris Indonesia ini. Nantinya, jenazah Mak Nyak akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, satu liang lahat dengan ibunya, Mak Wok.

Profil Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak

Mak Nyak merupakan legenda aktris Indonesia yang lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Beliau sudah menggeluti dunia peran sejak tahun 1956. Bakat akting Mak Nyak ternyata didapat dari sang ayah. Mendiang ayahnya merupakan seorang aktor sandiwara pada zaman penjajahan Belanda.

Pada tahun 1955, Mak Nyak memulai debut dengan bermain film Oh Ibuku sebagai pemain dan penyanyi di usianya yang baru saja menginjak 17 tahun. Mak Nyak lalu sempat vakum dalam dunia film di tahun 1959 usai membintangi Habis Gelap Terbitlah Terang.

Nama Mak Nyak kembali bersinar setelah di tahun 1994-1997 dengan berperan di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Dalam sinetron ini, almarhumah berperan sebagai ibu dari Doel yang diperankan oleh Rano Karno. Selain itu, Mak Nyak juga beradu akting dengan mendiang Benyamin Sueb yang menjadi suami dari Mak Nyak.

Prestasi Mak Nyak di Dunia Perfilman

Sebagai salah satu legenda film Indonesia, Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak tentu memiliki segudang prestasi yang patut diapresiasi. Pada 1992, Ibu Aminah mendapatkan penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Indonesia atas pengabdiannya di dunia film.

Penghargaan lain yang diterima oleh beliau adalah dari Festival Film Bandung pada 2012 silam atas perannya di Si Doel The Movie yang tayang pada 2019 silam.

Sampai yang teranyar, beliau mendapatkan Gelar Tanda Kehormatan Presiden Kelas Satyalancana Kebudayaan 2016. Dilihat dari situs kebudayaan.kemendikbud.go.id, hal ini didapatkan karena Mak Nyak sudah mengabdikan diri kurang lebih selama 55 tahun di dunia akting dalam negeri.

Selamat jalan Ibu Aminah, terima kasih sudah memberikan yang terbaik untuk dunia akting dalam negeri. Sebagai pemeran sosok ibu yang legendaris, Mak Nyak, karyamu akan selalu kami kenang.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *