Suka Ketemu Logo ASEAN Indonesia 2023 di Jalan? Ternyata Ini Maknanya

Biar kamu makin tau apa arti dan maknanya, baca lengkap yuk.

152
ASEAN

Indonesia telah menerima mandat Keketuaan ASEAN 2023 dari Kamboja pada 23 November 2022 tahun lalu. Dengan adanya hal ini, maka Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 resmi mengeluarkan dan mengenalkan logonya kepada masyarakat.

Logo ini sering kita temui di jalanan Ibu Kota Jakarta. Terbaru, persis di depan Bundaran HI, Jakarta Pusat, logo ini berdiri dengan sangat besar tepat berada di sisi jalan di depan Plaza Indonesia.

Logo Keketuaan ASEAN 2023 yang ada di Bundaran HI Jakarta/indonesia.go.id

Selain itu, di gedung-gedung pemerintahan juga logo Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 ini dipasang sebagai bentuk “branding” kepada masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta.

Logo Keketuaan ASEAN 2023 ini berbentuk bola dunia yang menggambarkan langit, gunung, laut, dan bumi. Lalu ada pula burung Maleo yang menggambarkan kekayaan fauna di Indonesia.

Langit yang ada pada logo ini merupakan gambaran dari merangkul dan mengayomi khas masyrakat Indonesia. Gunung dan bumi adalah simbolisasi dari kekokohan dan kestabilan. Lalu, ada gunung yang disimbolkan sebagai arah pertumbuhan yang optimis karena menjulang ke atas.

Bentukan gunung ini juga bersifat layaknya sebuah pertumbuhan yang mengarah ke atas. Sebagai representasi arah, visualisasi ini memiliki arti membawa keseluruhan ASEAN bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Selanjutnya ada unsur lautan dalam logo tersebut. Ini adalah gambaran tentang penghubung dan pemersatu setiap pulau antarnegara dalam kawasan. Sedangkan simbolisasi fauna dengan profil burung Maleo merupakan representasi kekayaan hayati Nusantara karena Maleo merupakan burung khas endemik Sulawesi, Indonesia.

Bentuk keseluruhan dari simbol ini tentu menonjolkan corak yang sangat dinamis, responsif, dan adaptif. Sifat-sifat itu mencerminkan komitmen bahwa ASEAN siap menghadapi perubahan dan terus membangun kawasan.

Baca juga: “Alasan Toblerone Ganti Logo Gunung Swiss di Kemasannya

Dengan demikian, jelas bahwa logo ini merupakan wujud ASEAN dan menjadi lokomotif stabilitas perdamaian dan kesejahteraan. Hanya dengan itu, ASEAN bisa menjadi salah satu kawasan yang berkontribusi besar untuk pertumbuhan dunia.

Wah, maknanya keren banget ya Gengs. Jadi makin paham kan sama logo tersebut kalo liat di jalan..

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.