Terima Kasih Hard Rock Cafe Jakarta untuk 10 Tahunnya

Simak juga perjalanan Hard Rock Cafe dan musisi yang pertama manggung.

206
0
Hard Rock Cafe

Hard Rock Cafe Jakarta secara resmi akan tutup pada akhir bulan ini tepatnya pada 31 Maret 2023. Informasi ini didapatkan dari akun Instagram @hrcworldwide yang menuliskan penutupan resmi dari kafe ikonik pusat kota itu.

“BREAKING NEWS pagi ini datang melalui Scott’s Hard Rock. Hard Rock Cafe Jakarta akan resmi tutup secara permanen pada Jumat, 31 Maret 2023,” tulis akun tersebut di awal kalimatnnya.

Dilihat dari akun tersebut, nampaknya masalah sewa menjadi alasan utama Hard Rock Cafe Jakarta tutup. Biasa sewa yang terlalu tinggi menjadikan langkah untuk tutup adalah pilihan terbaik saat ini.

“Menurut sumber kami, sewa 10 tahun sudah habis. Syarat dan jumlah sewa baru terlalu tinggi meskipun pemilik waralaba tidak ingin menutupnya. Secara finansial mereka tidak punya pilihan, jadi sayangnya keputusan dibuat untuk menutup. Sesederhana itu,” tambah keterangan akun itu.

Terima kasih Hard Rock Cafe Jakarta untuk 10 tahunnya.

Sejarah Hard Rock Cafe

Sejarah Hard Rock Cafe bermula dari dua orang Amerika yang menetap di London, Inggris bernama Isaac Tigreet dan Peter Morton yang sedang mencari burger enak pada tahun 1971. Alih-alih mendapatkan burger enak di London, mereka justru mendapatkan ide untuk membuka restoran bergaya Amerika dengan nama Hard Rock Cafe.

Akhirnya mereka berdua menemukan sebuah tempat untuk restorannya di bekas toko mobil tua Rolls Royce. Tigreet dan Morton juga meminta seniman asal Inggris Alan Aldridge yang juga bekerja sama dengan The Beatles untuk membuat logo mereka.

Foto Hard Rock Cafe di Jepang/Unsplash

Logo ini bertahan sampai sekarang dan menjadi salah satu logo paling ikonik di dunia. Hard Rock Cafe juga terkenal dengan pertunjukkan musik atau live music yang selalu menyapa para tamunya.

Seniman pertama yang manggung di Hard Rock Cafe adalah Paul McCartney dan Wings yang mengadakan konser dadakan. Bayangin aja, cafe baru terus yang manggung Paul McCartney, gimana tuh ramenya.

Foto Hard Rock Cafe Jakarta/@hrcworldwide

Berbagai macam koleksi musisi dunia juga ada di Hard Rock Cafe yang menjadikannya berbeda dengan cafe lain. Koleksi memorabilia para seniman di Hard Rock Cafe juga bisa dibilang terjadi tanpa sengaja.

Saat itu, Hard Rock Cafe menjadi tempat berkumpul bagi penikmat musik sambil menyantap berbagai makanan. Salah satu pelanggan tetap Hard Rock Cafe adalah musisi Eric Clapton. Suatu hari ia meminta gitarnya untuk digantung di atas kursi bar agar bisa mendapat tempat kosong saat makan malam.

Tak lama setelah itu, Pete Townshen mengirim gitarnya untuk diberikan dan dipajang di Hard Rock Cafe. Hard Rock Cafe terus berkembang dan membuka jaringan mereka di dunia pada 1982 dengan membuat restoran pertama mereka di luar Inggris tepatnya di Amerika Serikat.

Baca juga: “Fakta Menarik Art Cafe Bumbu Bali, Restoran yang Dikunjungi PM Trudeau dan PM Rishi Sunak

Satu tahun berselang, Hard Rock Cafe kemudian buka di Tokyo, Jepang. Di Indonesia, Hard Rock Cafe ada di dua lokasi yaitu Jakarta dan Bali. Namun sayang, Hard Rock Cafe Jakarta harus tutup pada 31 Maret 2023. Sementara yang di Bali, masih bisa kamu kunjungi ya Gengs.

via GIPHY

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *