Today in History: Berlian Terbesar di Dunia Ditemukan

Cerita mengenai proses pemindahan berlian itu sendiri sangat seru, cocok dibuat jadi film!

254
0
Today in History

Tanggal 25 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai peringatan bersejarah yang terjadi baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Selain itu, peringatan bersejarah ini juga terjadi dari berbagai macam industri, seperti sains, musik, peristiwa besar, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, OPPAL hadir dalam “Today in History” untuk memberikan informasi tentang sejarah apa yang terjadi hari ini seraya mengambil kembali memori kita untuk mengenang peristiwa tersebut.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa saja pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Gizi Nasional

Sumber foto: Shutterstock

Indonesia tepat pada tanggal 25 Januari merayakan Hari Gizi Nasional untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Sekolah ini berdiri pada 25 Januari 1951 dan mulai saat itu Indonesia merayakan Hari Gizi Nasional. Peringatan hari ini juga diharapkan menjadi momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun bangsa yang sehat lewat pemenuhan gizi yang seimbang.

Semoga dengan adanya peringatan hari ini, SDM Bangsa Indonesia semakin baik dengan asupan gizi yang seimbang.

Penemuan Berlian Terbesar di Dunia

Sumber foto: Shutterstock

Berlian merupakan salah satu perhiasan termahal di dunia. Pada tanggal 25 Januari 1905, berlian dengan berat 1,33 pon atau sekitar 500 gram dengan 3.106 karat ditemukan di Tambang Premier, Afrika Selatan. Berlian itu lantas menjadi berlian terbesar yang pernah ditemukan dan diberi nama “Cullinan”.

Sang pemilik tambang, Sir Thomas Cullinan lantas memberikan berlian itu kepada pemerintah Transvaal lalu mempersembahkan berlian itu kepada Raja Inggris Edward VII. Pengiriman berlian ini ke Inggris pun sempat diwarnai ketakutan akan dicuri.

Pada akhirnya, Sir Thomas Cullinan berhasil dikirim ke Inggris melalui skema pengalihan mengirim berlian palsu ke atas sebuah kapal uap yang sarat dengan detektif, lalu Cullinan dirikim ke Inggris dengan membawa sebuah kotak sederhana yang berisi berlian terbesar di dunia.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pertama Digunakan

Sumber foto: Shutterstock

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebenarnya pertama kali ditemukan pada tahun 1839 oleh seorang fisikawan asal Prancis Edmond Becquerel. Namun, pemanfaatannya untuk publik digunakan pada 25 Januari 1958 oleh Satelit Vanguard I.

Pada tahun 1970-an, Amerika Serikat mengalami kelangkaan minyak dan kesulitan di bidang ekonomi. Lantas, PLTS digunakan oleh negara Adi Daya itu untuk bertahan di tengah gempuran ekonomi yang terus memburuk. Mereka pun akhirnya berhasil memanfaatkan PLTS untuk kebutuhan dalam negeri.

Sejak saat itu, penggunaan energi matahari kian popular di kalangan industri maupun masyarakat. Terlebih lagi, energi ini sangat melimpah dan tidak menimbulkan polusi sama sekali seperti bahan bakar fosil.

Olimpiade Musim Dingin Pertama Kali Digelar

Sumber foto: Shutterstock

Pada tanggal 25 Januari 1924. Olimpiade musim dingin pertama kali digelar di dunia. Acara ini digelar pada 25 Januari sampai dengan 6 Februari 1924. Pada Olimpiade bersejarah ini, ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Norwegia berhasil menjadi pemenang dengan empat emas, tujuh perak, dan tujuh perunggu. Peringkat dua diisi oleh Finlandia dan Austria ada di peringkat ketiga. Pentas olahraga terbesar di dunia ini menjadi sebuah sejarah karena penyelenggaraannya di tengah salju.

Emmy Award Pertama Digelar

Sumber foto: Shutterstock

Upaca penghargaan Emmy Award pertama kali digelar pada 25 Januari 1949 di Hollywood Athletic Club. Penghargaan ini mengakui keunggulan dalam televisi yang pada tahun 1940 merupakan era dari novel.

Baca Juga: “Today in History: Hari Kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman

Akademi televisi ini didirikan tiga tahun sebelumnya oleh Sid Cassyd. Sekitar 50.000 rumah tangga pada saat itu di Amerika memiliki perangkat TV dan menggunakannya hampir setiap hari. Ini lah yang membuat Cassyd membuat penghargaan Emmy Award yang menjadi salah satu penghargaan bergengsi di dunia.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *