Today in History: Hari Ikan Nasional Hingga Kelahiran Park Hae-soo

Mulai dari Hari Pohon Sedunia, Hari Ikan Nasional, hingga kelahiran aktor Park Hae-soo.

169
0
Today in History

Beragam peringatan dan peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 21 November setiap tahunnya. Tidak hanya di dalam negeri, peristiwa-peristiwa tersebut juga dirayakan di seluruh dunia, yang menjadi sebuah tonggak penting yang harus dilestarikan. Seperti hari ini, tanggal 21 November di Indonesia sendiri diperingati sebagai Hari Ikan Nasional yang sudah dirayakan dari tahun 2014 silam.

Peringatan hari ini ditetapkan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi.

Lantas, selain Hari Ikan Nasional, peristiwa apa lagi yang terjadi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Ikan Nasional

Ilustrasi nelayan / Shutterstock

Hari Ikan Nasional selalu diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. Hari ini sudah dirayakan di dalam negeri sejak tahun 2014. Tujuan diadakannya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tingkat tinggi.

Dengan mengonsumsi ikan secara rutin, hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional. Tidak sampai di situ, Indonesia juga memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia.

Hari Televisi Sedunia

Hari Televisi Nasional / Shutterstock

Hari Televisi Sedunia selalu diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya. Hari ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di tahun 1996. Pada tanggal 21-22 November 1996, PBB menggelar Forum Televisi Dunia yang pertama.

Dalam forum itu, para tokoh media terkemuka membahas perkembangan televisi yang cukup cepat karena adanya kemajuan teknologi. Televisi diakui sebagai salah satu alat utama dalam menginformasikan, menyalurkan, dan memengaruhi opini publik serta memiliki pengaruh yang tidak diragukan lagi dalam politik dunia.

Oleh karenanya, PBB memutuskan untuk menetapkan Hari Televisi Dunia pada tanggal 21 November.

Hari Kelahiran Park Hae-soo

Park Hae-soo
Park Hae-soo dalam acara Emmy Awards 2022

Park Hae-soo merupakan salah satu aktor yang namanya makin dikenal usai bermain dalam serial drama Korea Squid Game. Serial yang dibintanginya tersebut “meledak” di pasaran pada tahun 2021. Park Hae-soo lahir di Suwon, Gyeonggi, Korea Selatan, pada 21 November 1981.

Pria yang memulai karier pada tahun 2007 ini memiliki beberapa penghargaan yang didapat berkat kemahirannya dalam beradu akting. Salah satunya adalah penghargaan Best New Actor (Drama) di tahun 2018 silam dalam acara The Seoul Awards. Tak hanya itu, ia juga berhasil mendapatkan nominasi untuk Outstanding Supporting Actor in a Drama Series dalam gelaran penghargaan ternama Primetime Emmy Awards di Amerika Serikat.

Park Hae-soo baru-baru ini juga tampil dalam video musik Chen EXO yang berjudul “Last Scene”, serta tampil dalam serial drama Korea bertajuk Narco-Saints.

Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia / Shutterstock

Setiap tanggal 21 November selalu dirayakan sebagai Hari Pohon Sedunia. Adanya hari ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari tanaman, khususnya pohon bagi kehidupan.

Keberadaan pohon sangat penting untuk hidup manusia, terutama dalam memerangi pemanasan global, mencegah banjir dan tanah longsor, tempat hidup bagi fauna, dan membuat iklim mikro yang baik. Tidak sampai di situ, adanya peringatan Hari Pohon Sedunia ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran bersama untuk melakukan pelestarian lingkungan.

Hari Halo Sedunia

ilustrasi Hari Hello Sedunia / Shutterstock

Ada yang tahu apa itu Hari Halo Sedunia? Hari Halo Sedunia adalah hari yang diperingati untuk menggambarkan pentingnya komunikasi pribadi untuk menjaga perdamaian dunia. Hari ini pada awalnya dibuat sebagai tanggapan langsung terhadap perseteruan antara Arab-Israel.

Hari ini juga menjadi pengingat bagi para pemimpin dunia untuk menyelesaikan masalah dengan komunikasi, bukan dengan konflik. Semoga di tahun ini, dengan adanya Hari Halo Sedunia bisa menyelesaikan berbagai macam konflik yang ada di dunia.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post