Today in History: Hari Pers Nasional

Selain itu, ada beberapa hari bersejarah lainnya di tanggal 9 Februari ini loh.

153
0
Today in History

Berbagai peristiwa menarik seputar sejarah terjadi pada hari ini tanggal 9 Februari setiap tahunnya, salah satunya peringatan bersejarah yang patut dirayakan setiap tahunnya adalah Hari Pers Nasional.

Hari Pers Nasional ini selalu diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan hari berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia. Penetapan hari ini juga dilatarbelakangi oleh beberapa perjuangan dan peranan penting yang dimiliki pers nasional.

via GIPHY

Selain itu, hari ini juga menjadi hari penemuan salah satu unsur kimia Cn. Penemuan ini menjadi salah satu hal bersejarah bagi ilmu kimia di dunia.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Pers Nasional

Ilustrasi wartawan Indonesia
Ilustrasi wartawan Indonesia/Shutterstock

Hari Pers Nasional selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Februari yang juga bertepatan dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Hari Pers Nasional ini ditetapkan lewat Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Adapun penetapan hari ini dilatarbelakangi oleh sejarah perjuangan dan peranan penting yang dimiliki pers nasional Indonesia dalam melaksanakan pembangunan dalam negeri. Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh wartawan Indonesia.

Oia, PWI berdiri di Surakarta pada 9 Februari 1946. PWI merupakan organisasi wartawan pertama yang ada di Indonesia. PWI sampai saat ini menjadi wadah bagi para wartawan Indonesia untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan lewat tulisan.

Dengan hadirnya PWI, para wartawan menjadi semakin berani untuk tampil sebagai ujung tombak perjungan dalam menentang kembalinya kolonialisme pada saat itu. Eksistensi dari PWI pun masih terjaga sampai saat ini. Keanggotaan PWI sendiri berasal dari seluruh Indonesia.

Nelson Mandela Jadi Presiden Kulit Hitam Pertama Afrika Selatan

Sumber foto: Unsplash

Tanggal 9 Februari 1994 menjadi salah satu hari bersejarah bagi Nelson Mandela. Pasalnya, hari itu beliau menjadi presiden pertama dari kalangan kulit hitam untuk memimpin Afrika Selatan.

Nelson Mandela merupakan sosok yang aktif menyuarakan perjuangan bagi masyarakat Afrika dari politik apartheid. Pada 1993, Nelson Mandela mendapatkan nobel perdamaian karena jasanya dalam membentuk demokrasi multi-ras Afrika Selatan.

Pada saat pensiun pun, Nelson Mandela tetap berjuang untuk mengatasi berbagai masalah sulit di dunia dengan mengajak para tokoh dunia membentuk “Kelompok Sesepuh”.

Unsur Kimia Cn (Copernicium) Ditemukan

Sumber foto: Shutterstock

Tepat pada tahun 2012, unsur kimia Cn (Copernicium) masuk ke dalam tabel periodik unsur-unsur kimia. Elemen ini untuk pertama kalinya ditemukan oleh GSI Helmholtz Center for Heavy Ion Research di Jerman pada 9 Februari 1996.

Baca Juga: “Today in History: Organisasi ASEAN Berdiri

Sampai saat ini, elemen Cn dikenal sebagai elemen terberat. Sifatnya sangat radioaktif dan hanya bisa dibuat di laboratorium. Para peneliti pun memberikan nama Copernicium untuk menghormati ahli astronomi abad ke-16, Nicolas Copernicus.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post