Today in History: Hari Sejarah Nasional, Sampai Ulang Tahun Onew SHINee

Hari ini juga merayakan Hari Monyet Sedunia yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hewan primata tersebut.

199
0
Today in History

Sejarah merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karenanya, berbagai peristiwa bersejarah harus terus diperingati untuk mengingat bahwa dunia memiliki perjalanan panjang sampai dengan hari ini.

Today in History” hadir untuk memberikan informasi tersebut. Pada hari ini, tanggal 14 Desember, merupakan peringatan Hari Monyet Sedunia. Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran manusia bahwa mamalia tersebut hidupnya semakin terancam, dan butuh kepedulian seluruh masyarakat dunia untuk menjaga kelestariannya.

Lantas, ada peringatan atau peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Sejarah Nasional

Ilustrasi pahlawan perjuangan / Shutterstock

Setiap tanggal 14 Desember di Indonesia diperingati sebagai Hari Sejarah Nasional. Adanya hari ini menunjukkan upaya untuk menghidupkan kembali semangat kebangkitan Indonesia yang memiliki sejarah cukup panjang.

Hari Sejarah Nasional digagas oleh berbagai macam kalangan masyarakat, termasuk di dalamnya adalah asosiasi profesi, komunitas pencinta sejarah, guru, dosen, dan mahasiswa sejarah pada tahun 2014 silam.

Tanggal 14 dipilih juga karena merujuk pada tanggal dimulainya Kongres Sejarah Nasional I di Yogyakarta pada tahun 1957. Dengan adanya hari ini, diharapkan muncul pemikiran-pemikiran baru yang bisa memperbaiki sejarah di Indonesia.

Misalnya saja perbaikan metode pengajaran sejarah, perbaikan kurikulum sejarah, perluasan literatur dan pelatihan untuk meningkatkan skill tenaga pengajar di bidang sejarah.

Hari Monyet Sedunia

Foto seekor monyet yang sedang bersantai di atas pohon / Shutterstock

Hari Monyet Sedunia merupakan salah satu peringatan hari internasional tidak resmi yang diperingati setiap tanggal 14 Desember. Hari ini juga sudah dirayakan sejak tahun 2000. Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk menyebarkan kesadaran manusia akan ancaman yang kini terjadi pada primata monyet.

Adanya hari ini juga diharapkan bisa menimbulkan kepedulian masyarakat dalam melindungi hewan primata yang satu ini. Di Indonesia sendiri, ada satu jenis monyet yang kini terancam punah, yaitu monyet ekor panjang.

Tugas dan tanggung jawab masyarakat Indonesia cukup berat untuk menjaga kehidupan monyet ekor panjang di berbagai daerah, namun jika dilakukan bersama maka ini menjadi suatu hal yang bisa dilakukan.

Hari Kelahiran Onew SHINee

Foto Onew SHINEE / @dlstmxkakwldrl

Onew merupakan salah satu personel dari boyband asal Korea Selatan SHINee. Onew lahir di Gwangmyeong, Korea Selatan, pada 14 Desember 1989 dengan nama Lee Jin-ki. Pria yang memiliki kegemaran bermain piano ini memulai karier professionalnya pada 2006 di SM Academy Casting.

Baca Juga: “Today in History: Hari Nusantara Sampai Kelahiran Taylor Swift

Selain bermusik, Onew juga pernah bermain seni peran di berbagai macam drama seperti Dr. Champ (2010), Pure Love (2013), hingga Descendants of the Sun (2016). Pria yang satu ini juga pernah debut solo pada 2018 dengan mengeluarkan album mini pertamanya, VOICE.

Pria yang kini sudah menginjakkan umur 33 ini, merupakan member pertama SHINee yang mendaftarkan diri di militer sebagai seorang prajurit yang aktif.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *