Today in History: HUT Provinsi Sulawesi Selatan, Hingga Hari Konstitusi Negara Niue

Hari ini merupakan hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan, serta hari jadi Negara Niue yang merupakan negara kepulauan yang juga dijuluki sebagai “Karang Polinesia”.

176
0

Tepat pada hari ini, 19 Oktober, dirayakan berbagai hari bersejarah bagi beberapa negara. Tidak hanya itu, ada juga peristiwa sejarah di dalam negeri, salah satunya adalah perayaan hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu, ada juga hari jadi Negara Niue yang merupakan negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang juga dijuluki sebagai “Karang Polinesia”. Lalu, peristiwa sejarah apa lagi yang terjadi pada 19 Oktober? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Selatan

Today in History

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang masuk ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hari jadi provinsi ini adalah setiap tanggal 19 Oktober, dan diatur dalam Peraturan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Nomor 10 Tahun 1995. Sulawesi Selatan sendiri sesungguhnya sudah terbentuk pada tahun 1669.

Ide untuk menetapkan HUT Sulsel ini diawali oleh Zainal Basri Palaguna, seorang Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan. Gagasan dari Palaguna kemudian ditindaklanjuti dengan studi banding ke beberapa daerah dan dilaksanakan Tudang Sipulung atau musyawarah dalam bentuk seminar pada tanggal 18-19 Juli 1995 di Ruang Pola Kantor Gubernur.

Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya pada tahun 1995 DPRD Tingkat I Sulawesi Selatan menyetujui hari jadi Sulawesi Selatan pada 19 Oktober.

Hari Konstitusi Negara Niue

Niue meruoakan sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang juga dijuluki sebagai “Karang Polinesia”. Niue sendiri secara terbuka berasosiasi dengan Selandia Baru. Maka, pemimpin Selandia Baru juga berstatus sebagai kepala negara Niue.

Baca Juga: “Today in History: Hari Menopause Sedunia, Hingga Kelahiran Musisi Indonesia Nicky Astria

Negara Niue memiliki ibu kota negara Alofi dengan menggunakan bahasa resmi Bahasa Inggris. Mata uang negara ini juga masih memakai Dolar Selandia Baru (NZD). Meski tidak masuk ke dalam anggota PBB, namun organisasi tersebut sudah menerima statusnya sebagai negara bebas yang setara dengan kemerdekaan untuk tujuan hukum Internasional.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post