Today in History: Mobil Tesla Meluncur ke Luar Angkasa

Tepat pada hari ini di tahun 1958, seorang ahli Fisika mematenkan chip yang menjadi salah satu perangkat penting di komputer.

153
0
Today in History

Memasuki hari Senin pertama di bulan Februari, tepatnya tanggal 6 Februari, banyak peristiwa sejarah yang terjadi baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Peristiwa ini juga tentu menjadi sebuah kejadian yang berdampak atas kehidupan kita saat ini.

Oleh karenanya, “Today in History” hadir untuk mengulas hal tersebut. Tepat pada hari ini di tahun 1958, seorang ahli Fisika mematenkan chip yang menjadi salah satu perangkat penting yang ada di komputer.

Siapa yang menyangka bahwa bagian kecil ini dulunya kabel yang digabungkan menjadi satu kesatuan dan menjadi inti bagian dari komputer.

Lantas, ada peristiwa apa lagi yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Microchip Pertama Dipatenkan

Sumber foto: Unsplash

Jack Kilby adalah seorang insinyur listrik asal Amerika yang mematenkan “chip” pada 6 Februari 1958. Pada awalnya, Kilby yang pada saat itu kerja di Texas Instruments belajar untuk mengurangi angka secara efektif dan efisien.

Waktu itu Kilby mengatakan bahwa kenapa banyak sekali kabel yang ada di bagian komputer dan beliau berniat untuk membuat sebuah blok tanpa kabel yang saat ini kita kenal dengan nama “chip”.

Sekarang ini, penggunaan “chip” banyak diaplikasikan di dalam sistem laptop atau komputer kamu. Siapa yang menyangka bahwa “chip” ini diciptakan karena kegelisahan seseorang yang melihat banyak tumpukan kabel di dalam komputer?

Ratu Elizabeth II Naik Takhta

Sumber foto: Unsplash

Pada 6 Februari 1952, Raja George VI dari Inggris Raya dan Irlandia Utara tutup usia di perkebunan Sandringham. Putri Elizabeth yang pada saat itu menjadi anak tertua dari Raja George VI naik takhta untuk menggantikan sang ayah meski dirinya berada di Kenya.

Beliau secara resmi dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953, ketika usianya masih 27 tahun.

Roket SpaceX Bawa Mobil Tesla ke Ruang Angkasa

Foto mobil Tesla di luar angkasa / space.com

Inovasi di bidang antariksa Tampaknya tak pernah berhenti. 6 Februari 2018 sebuah roket SpaceX bernama Falcon Heavy yang membawa mobil Tesla berhasil diluncurkan ke ruang angkasa.

Diketahui bahwa mobil Tesla ini memiliki berat 1.2247 kilogram dan diberangkatkan ke Planet Mars. Hal ini mungkin menjadi awal dari mimpi sang CEO, Elon Musk, untuk membangun sebuah kota di sana. Wow!

Hari Kelahiran Bob Marley

Sumber foto: Unsplash

Robert Nesta Marley atau yang biasa disapa Bob Marley adalah legenda musik dunia, beliau lahir pada 6 Februari 1945 di St. Anne, Nine Mile, Jamaika. Bob Marley juga dikenal sebagai salah satu tokoh pencetus gerakan Rastafari.

Baca juga: “Today in History: Eileen Collins Jadi Astronaut Perempuan Pertama di Dunia

Gerakan ini mulai muncul di tahun 1930 dengan ciri khas rambut gimbal seperti Bob Marley. Dari Jamaika, gerakan ini kemudian menyebar ke seluruh dunia berkat popularitas dari Bob Marley.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *