Today in History: Rapat Raksasa di Lapangan Ikada Sampai Insiden Hotel Yamato Surabaya

Today in History: Peristiwa penting di tanggal 19 September mulai dari rapat raksasa di Lapangan Ikada, hingga peristiwa Hote Yamato di Surabaya.

387
0
Today in History

Sejumlah kejadian besar terjadi pada tanggal 19 September beberapa tahun lalu. Satu diantaranya adalah rapat yang diinisiasi oleh beberapa pemuda di Lapangan IKADA (dekat Monas saat ini) yang disebut sebagai salah satu rapat terbesar yang dihadiri oleh lebih dari 200 ribu rakyat Indonesia. Lantas, peristiwa apa lagi yang terjadi pada 19 September? Selengkapnya dalam “Today in History”.

  • Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
Today in History

Rapat Raksasa Lapangan Ikada digelar pada 19 September 1945, tepat satu bulan setelah proklamsai dikumandangkan. Rapat yang diinisiasi oleh beberapa pemuda yang tergabung dalam Commite van Acrtie ini bertujuan untuk memberikan perubahan kepada seluruh masyarakat setelah sebulan kemerdekaan.

Hasilnya, sekitar 200 ribu orang hadir dalam rapat ini yang terdiri dari masyarakat sekitaran Jakarta dan beberapa daerah di Jawa Barat. Awalnya, rapat tersebut mendapat pertentangan dari Presiden Soekarno dan sang wakil Moh Hatta karena masalah keamanan.

Soekarno khawatir rapat tersebut justru menyulut aksi Jepang untuk mengadakan serangan. Namun, hal ini tidak membuat rakyat gentar. Sampai pada akhirnya Presiden Soekarno menemui masyarakat yang sudah memenuhi Lapangan Ikada.

  • Insiden Hotel Yamato di Surabaya

19 September 1945 merupakan peristiwa bersejarah bagi masyarakat Surabaya yang terjadi di Hotel Yamato. Pasalnya, mereka berhasil menurunkan bendera merah putih biru milik Belanda dan merobek warna birunya sehingga menyisakan warna merah dan putihnya saja.

Insiden ini terjadi karena Belanda dinilai melakukan tindakan provokatif dengan mengibarkan bendera merah putih biru di hotel tersebut. Dan pada akhirnya sebagian pemuda berebut naik ke atas hotel untuk menurunkan bendera Belanda.

  • Hari Kelahiran Raden Soebroto, Sekjen OPEC Asal Indonesia

Raden Soebroto adalah seorang pria yang dilahirkan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 19 September 1923. Bapak Raden Soebroto pernah menjabat beberapa posisi strategis di pemerintahan Indonesia. Salah satunya adalah menjadi Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia yang ketujuh pada tahun 1978 sampai dengan 1988.

Dan yang lebih membanggakan adalah Raden Soebroto pernah menjadi Sekretaris Jenderal Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang berkedudukan di Wina, Austria. Sampai pada akhirnya, Soebroto mendirikan Yayasan Bina Anak Indonesia (YBAI) yang fokus kepada pendidikan.

  • Hari Kesadaran Diseksi Aorta

Hari Kesadaran Diseksi Aorta selalu diperingati pada tanggal 19 September tiap tahunnya. Tujuan dari peringatan hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian tentang diseksi aorta. Diseksi aorta adalah suatu kondisi dimana lapisan dalam arteri utama tubuh (aorta) robek.

Saat terjadi diseksi, darah yang mengalir melalui aorta mengalir keluar melalui robekan dan menyebabkan lapisan dalam dan tengah arteri terbelah. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang membahayakan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post