Today in History: Sinema Digital Pertama Kali Dipopulerkan

Pada tahun 2000 silam di Prancis, sinema digital pertama kali dipopulerkan.

179
0
Today in History

Setiap tanggal 2 Februari diperingati sebagai hari bersejarah bagi sinema digital dunia. Pada tahun 2000 silam di Prancis, sinema digital pertama kali dipopulerkan.

via GIPHY

Di belahan dunia lain, toilet berkonsep flush pertama kali diperkenalkan di London. Konsep toilet flush ini menjadi kemajuan yang luar biasa bagi kehidupan manusia, dan desainnya terus digunakan hingga sekarang ini. Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 2 Februari? Semuanya ada di “Today in History”.

Film Pertama Charlie Chaplin Tayang di Bioskop Amerika

Sumber foto: Unsplash

Film pertama yang dibintangi oleh salah seorang tokoh berpengaruh di industri film, Charlie Chaplin, tayang di bioskop Amerika pada 2 Februari 1914. Film yang berjudul Making A Living ini membuat nama Charlie Chaplin meroket dalam dunia film.

Mulai sejak itu, Charlie Chaplin menjadi seorang yang amat terkenal di dunia perfilman, hingga dirinya menjadi pelawak, sutradara, dan komposer film dari Inggris pada era film bisu.

Toilet Flush Pertama Diperkenalkan  

Sumber foto: Unsplash

Pada 2 Februari 1852, sebuah konsep toilet flush dikenalkan di London, Inggris. Alexander Cumming mulai mengembangkan gagasan toilet dengan menggunakan saluran pembuangan leher angsa atau berbentuk huruf S yang bisa mencegah bau tidak sedap.

Pada waktu itu, kota London sedang diserang wabah kolera. Wabah ini disebabkan oleh kondisi sanitasi yang buruk dan sumur penduduk yang berdekatan dengan saluran pembuangan kotoran manusia.

Mulai sejak itu, konsep toilet flush terus bertahan sampai saat ini.

Proyeksi Sinema Digital Pertama Kali Dipopulerkan

Sumber foto: Unsplash

Sinema digital merupakan suatu penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Sebuah film bisa didistribusikan lewat perangkat keras, piringan optik, atau satelit, untuk kemudian ditayangkan menggunakan proyektor digital alih-alih proyektor film konvensional.

Baca Juga: “Today in History: Netflix Mulai Tayangkan Serial Pertamanya

Sebagai contohnya, film bioskop yang ada di Jakarta bisa dioperasikan dan diputar di bioskop-bioskop di daerah melalui sebuah satelit. Teknologi ini memang masih dalam pengembangan, dan saat ini baru beberapa perusahaan saja yang mengaplikasikannya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *