Unik, Cara Musisi Bottlesmoker Sajikan Lagu dari Akar Pohon Kopi

Acara Pameran Kopi Togetherness resmi dibuka di Museum Nasional Indonesia sampai 19 Desember.

231
0
Bottle Smooker

Acara Pameran Kopi Togetherness resmi dibuka pada Jumat, 18 November 2022, di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Acara pembukaan ini berlangsung dengan suasana kekeluargaan yang hangat.

Dalam pameran ini, turut hadir pula grup atau duo musik yang sangat unik bernama Bottlesmoker. Grup musik ini sangat terkenal dengan penampilan “meracik” musik yang memanfaatkan bunyi dari benda apa pun yang biasa ada di sekitar.

Pada pameran ini, mereka menyajikan musik yang berasal dari akar pohon kopi. Bagaimana bisa? Salah satu personel dari Bottlesmoker bercerita kepada tim redaksi OPPAL saat kami temui di acara Pameran Kopi Togetherness.

Bapak Triawan Munaf saat mencoba nada dari akar kopi / OPPAL

“Kita pengin memberitahukan kepada orang banyak suara dari kopi ini, sih. Karena kopi ini kan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, jadi kami mau menyampaikan suara si kopi ini kepada orang-orang. Seperti ini lho, suara kopi itu, kayak gitu sih kurang lebihnya,” kata salah satu personel Bottlesmoker Ryan Adzani.

Lebih jauh, grup musik yang berasal dari Bandung ini menjelaskan bahwa ada alat khusus yang digunakan sehingga akar kopi tersebut bisa mengeluarkan bunyi atau suara.

“Alatnya ini namanya super sensitive mic, jadi sebenarnya dia ini ada di dalam komponen mic biasa, cuma ya lebih sensitif aja. Alat ini juga harus diletakkan dalam posisi yang pas baru bisa mengeluarkan suaranya, kalau tidak pas ya suaranya tidak keluar,” jelas Anggung Suherman yang juga personel dari Bottlesmoker.

Tampilan akar kopi yang mengeluarkan lagu / OPPAL

Suara yang dikeluarkan akar kopi ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti mikrobiologi, kandungan air yang ada di dalam akar, dan lain sebagainya.

“Suara yang kita dengarkan ini adalah suara dari campuran mikrobiologi yang ada di dalam akar kopi. Seperti mungkin ada bakteri di sana atau ada kehidupan lain, mungkin saja ada suara air, dan lain sebagainya,” tambah Ryan Adzani.

Nantinya, acara Pameran Kopi Togetherness akan berlangsung selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 19 November 2022 sampai dengan tanggal 19 Desember 2022.

Jadi, untuk kamu yang penasaran sama Bottlesmoker dan mau mendengarkan suara kopi berbicara, yuk datang ke Museum Nasional Indonesia. Ditunggu ya, Oppal gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post