Wow, Orang Indonesia Sudah Suka Makanan Pedas Sejak Tahun 1800-an!

Menurut buku berjudul Serat Centhini, keberadaan sambal di Indonesia sudah ada sejak 200 tahun yang lalu, menginspirasi kehadiran makanan pedas di tanah air.

389
0
Ayam Bakar Taliwang dengan Plecing Kangkung, Makanan Pedas khas Lombok

Masakan asli Indonesia memang identik dengan rasa pedas dan aroma rempah yang kaya. Dari Aceh hingga Papua, ada banyak sekali makanan pedas khas Indonesia yang menggoyang lidah, dan varian pedas ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Di Aceh misalnya, ada mie Aceh yang kaya akan rempah dan sangat pedas, serta menjadi ciri khas masyarakat Aceh. Bergeser ke timur, ada plecing kangkung yang berasal dari Nusa Tenggara Barat yang biasa disantap dengan ayam taliwang.

Mie Aceh, makanan pedas asal Aceh

Namun, tahukah kamu kenapa orang Indonesia sangat identik dengan masakan pedas? Ternyata ada beberapa hal yang mendasari hal ini, termasuk warisan masakan pedas dari nenek moyang kita pada zaman dahulu kala.

Menurut buku berjudul Serat Centhini, keberadaan sambal di Indonesia sudah ada sejak tahun 1814. Hal ini menandakan bahwa nenek moyang kita telah menikmati hidangan dengan menggunakan sambal sejak 200 tahun yang lalu!

Telur balado, makanan pedas khas Minang

Seiring dengan berjalannya waktu, hal ini diwariskan kepada generasi berikutnya dan bertahan sampai saat ini. Sebagai contoh, saat masih kecil, kita kerap melihat orang tua menyantap masakan pedas dengan begitu lahap, membuat kita ikut penasaran soal bagaimana rasanya.

Baca Juga: “Tak Kalah Lezat dari Rendang, Ini 5 Masakan Padang yang Jarang Terekspos

Hal ini akan memengaruhi psikologis dan nalar kita mengenai betapa nikmatnya menyantap masakan dengan menggunakan sambal yang pedas. Lama kelamaan, tak mengherankan jika kamu merasa ada yang “kurang” saat makan tanpa menggunakan sambal.

Ayam rica-rica, makanan pedas khas Manado

Selain itu, menyantap makanan pedas ternyata bisa menyehatkan lho, gengs. Rasa pedas pada cabai bisa memberikan stimulus pada tubuh untuk melepaskan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia. That’s why, wajar selepas kamu makan hidangan pedas, ada perasaan senang yang ikut muncul.

Tak hanya itu, stimulus hormon endorfin juga bisa menghilangkan penat dan stres yang ada di dalam pikiran. Mungkin inilah alasan mengapa orang Indonesia sangat menikmati hidangan yang mengandung cabai meskipun lauknya sederhana.

Bagaimana dengan kamu Oppal gengs, apakah kamu juga termasuk pencinta makanan pedas? Apa makanan pedas favoritmu?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *