Wrap Up News 30 Mei: Pemerintah Gratiskan Pajak Kendaraan Listrik Mulai Tahun Ini

Ada juga informasi mengenai penipuan dengan voice cloning, wajib baca!

56
mobil listrik

Hai, Oppal gengs! Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga keadaanmu selalu baik-baik saja, ya. Sambil bersiap-siap sebelum mulai beraktivitas, yuk baca kumpulan berita menarik yang terjadi pada 30 Mei 2023 kemarin lewat wrap up news berikut ini:

Pemerintah Gratiskan Pajak Kendaraan Listrik Mulai Tahun Ini

Kendaraan Listrik

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk kendaraan listrik berbasis baterai milik pribadi sebesar 0 persen. Selain PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), dalam Permendagri itu juga disebutkan bahwa Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk kendaraan listrik berbasis baterai juga digratiskan alias bernilai nol persen. Simak berita lengkapnya di sini.

Seru Banget! Warga Indonesia di San Francisco Naik Taksi Tanpa Supir

Autonomous Taxi Car/Via: Wired

Pernah enggak sih, kamu membayangkan naik taksi yang seluruhnya dikemudikan oleh sistem dan bisa berjalan serta beroperasi sendiri tanpa supir? Well, hal inilah yang dirasakan oleh warga negara Indonesia (WNI) bernama Nurvirta Monarizqa di San Francisco, California, Amerika Serikat.  Pengalaman menarik yang ia rasakan ini baru saja ia bagikan ke dalam sebuah video di akun Instagramnya, pada Senin (29/5). Buat kamu yang mau lihat videonya dan membaca penjelasan di balik pengalaman tersebut, cek di sini.

Waspada Modus Penipuan dengan Voice Cloning, Ini Tips untuk Menghindarinya!

Ilustrasi Penipuan Melalui Telepon/Via: Shutterstock

Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence belakangan ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Sayang, kemajuan teknologi tersebut digunakan untuk tujuan yang kurang baik. Baru-baru ini muncul kasus penipuan melalui telepon di luar negeri yang menggunakan voice cloning atau fitur peniruan suara yang merupakan salah satu teknologi dari AI.

Suara tiruan tersebut menggunakan alat speech-to-text atau teks ke ucapan yang dihasilkan oleh AI yang memungkinkan orang untuk membuat tiruan suara yang bersumber dari beberapa detik rekaman audio awal. Simak modus penipuan terbaru dengan AI tersebut serta cara menghindarinya di sini.

Logo Baru IKN Nusantara Diluncurkan, Punya Makna Pohon Kehidupan

Logo IKN Nusantara
Logo IKN Nusantara/Biro Pers Istana Presiden RI

Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi akhirnya mengumumkan logo IKN Nusantara, Selasa (30/5) sore. Logo ini dipilih Bapak Jokowi usai melewati serangkaian pemilihan dari lima desain yang masuk nominasi. Logo yang terpilih ini adalah Pohon Hayat. Menurut Bapak Jokowi, logo ini menjadi yang paling sesuai dengan semangat IKN Nusantara yang ada di Kalimantan. Simak filosofi di balik Pohon Hayat dan juga video logo baru IKN Nusantara di sini.

Dimeriahkan Alan Walker hingga Lyodra, Formula E Jakarta 2023 Digelar 2 Hari

Formula E Jakarta 2023
Ajang balap mobil Formula E Jakarta/indonesia.go.id

Formula E Jakarta tahun ini akan digelar pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023. Ajang balap mobil listrik ini juga akan dimeriahkan oleh sederet artis kenamaan. Mulai dari artis lokal sampai internasional bakal tampil di Formula E Jakarta 2023.

Salah satu penampil yang pastinya ditunggu-tunggu adalah DJ (Disc Jokey) asal Norwegia, Alan Walker. Selain Alan Walker, DJ asal Belanda, Sam Feldt juga akan tampil untuk menggoyang penonton di opening Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Simak deretan musisi yang akan memeriahkan gelaran Formula E Jakarta 2023 serta jadwal pertandingannya di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 30 Mei 2023­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya. Have an awesome day, gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.