Tips Cegah Rambut Lepek dan Berantakan karena Pakai Helm

416
0

Helm menjadi salah satu perlengkapan keselamatan yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor maupun skuter. Tujuannya tentu saja untuk melindungi kepala dari benturan bila terjadi kecelakaan.

Namun, ternyata masih banyak pengendara motor hingga skuter malas menggunakan helm dan mengabaikan keselamatannya. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lime menemukan satu dari lima orang memilih untuk tidak mengenakan helm saat berkendara.

Alasan utamanya mereka khawatir dengan penampilan rambut yang tak lagi sedap dipandang setelah melepas helm. Orang-orang tersebut menilai rambut yang sudah ditata dengan rapi akan menjadi rusak bila harus mengenakan helm saat berkendara.

Sering menggunakan helm pun akan menyebabkan rambut menjadi bau, kusut hingga terjadi kerontokan. Di tengah cuaca yang sangat panas, penggunaan helm akan membatasi aliran udara ke kepala sehingga membuat kulit kepala berkeringat dan membuat rambut menjadi lepek.

Demi mencegah terjadinya rambut lepek usai mengenakan helm, Declan Haworth seorang colour director di Salon Blue Tit London memberikan beberapa tipsnya berdasarkan jenis rambutnya.

Tips Cegah Rambut Rusak untuk Semua Jenis Rambut:

  1. Gunakan Helm yang Pas

Sangat penting untuk mengenakan helm yang pas saat berkendara. Selain untuk keamanan, hal itu juga bisa membantu kamu untuk mengurangi risiko rambut bau akibat asap kendaraan bermotor.

Pasalnya menggunakan helm yang terlalu kecil atau ketat bukan hanya membuat kepala sakit, namun juga menyebabkan gesekan pada rambut hingga terjadi kerusakan jangka panjang.

  1. Pastikan Rambut Bersih

Declan menyebut rambut harus berada dalam kondisi yang bersih sebelum memakai helm sehingga lebih mudah diatur. Selain itu pastikan pula kondisi rambut telah dikeringkan sebelum menggenakan helm.

  1. Pakai Bandana atau Penutup Rambut

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengenakan bandana atau penutup rambut sebelum mengenakan helm. Declan bahkan menyebut pelindung rambut menjadi salah satu tips besar bagi pengendara yang ingin mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.

Pelindung tersebut juga dapat membantu menjaga rambut dari kotoran, gesekan dan debu selama perjalanan.

Tips Cegah Rambut Rusak untuk Rambut Pendek:

  1. Tata Rambut

Kamu yang memiliki rambut pendek, perlu diperhatikan untuk menata rambutnya lebih rapi. Selain itu mengaplikasikan beberapa produk rambut juga meminimalkan risiko rambut rusak. Seperti menggunakan sea salt spray yang bagus untuk menambahkan volume pada rambut.

  1. Gunakan Dry Shampoo

Dry Shampoo atau sampo kering dapat membantu menyerap keringat dan kelembaban selama perjalanan. Produk itu juga berfungsi untuk mengembalikan kembali volume rambut.

  1. Siapkan Sisir

Sisir menjadi salah satu barang yang wajib dibawa selama perjalanan berkendara. Declan menyebut jika memungkinkan bawalah sisir kecil untuk membantu kamu menata rambut kembali ke tempatnya setelah selesai mengenakan helm.

Tips Cegah Rambut Rusak untuk Rambut Panjang:

  1. Belahan Rambut

Sebelum mengenakan helm, kamu perlu membelah bagian rambut berlawanan dari penampilan biasa. Hal itu mampu melindungi akar rambut dari kelembapan atau minyak selama perjalanan.

  1. Kepang atau Kuncir Kuda

Menata rambut dengan cara dikepang atau kuncir kuda juga menjadi salah satu cara untuk menghindari kusut pada rambut.

  1. Semprotan Penambah Volume Rambut

Usai helm selesai digunakan, kamu bisa menyemprotkan produk penambah volume rambut atau dry shampoo demi mengembalikan bentuk rambut dan mencegah lepek.

Nah, dari tips di atas yuk kita cobain biar rambut tetap kece dan perjalanan aman karena menggunakan helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *