Alexia Putellas Raih Ballon d’Or 2022 Kedua Kalinya Sebagai Pesepak Bola Wanita Terbaik

Alexia Putellas berhasil memenangkan Ballon d’Or 2022 setelah unggul dari Beth Mead, Sam Kerr, Lena Oberdorf, dan Aitana Bonmati.

488
0

Pemain dan kapten FC Barcelona, Alexia Putellas, kembali meraih penghargaan Ballon d’Or Wanita untuk kedua kalinya sebagai Pesepak Bola Wanita Terbaik 2022. Penghargaan tersebut diraih pada malam penganugerahan Ballon d’Or 2022 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa, 18 Oktober 2022.

Alexia sendiri enggak menyangka kalau dia akan kembali memenangkan trofi tersebut. Terlebih dia sudah absen sejak bulan Juli karena mengalami cedera.

“Untuk mempertahankan penghargaan ini jauh lebih sulit. Ketika saya cedera lutut, saya pikir peluang saya untuk menang telah hilang, tetapi pada akhirnya juri mendasarkan keputusan mereka pada keseluruhan musim lalu, di mana saya hanya absen satu bulan,” ucap Alexia Putellas dalam pidatonya.

Alexia memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2022 setelah berhasil unggul dari Beth Mead (Arsenal), Sam Kerr (Chelsea), Lena Oberdorf (Vfl Woflsburg), dan Aitana Bonmati (FC Barcelona).

“Saya ingin berterima kasih kepada staf, pelatih, dan semua orang yang terlibat di Barcelona,” kata Alexia Putellas.

Alexia Putellas

Sebelum mengalami cedera pada musim panas, pemain berusia 28 tahun ini dipercaya menjadi kapten tim untuk Divisi Primera tiga kali berturut-turut. Selain itu, Barcelona juga membuat sejarah, karena memenangkan semua 30 pertandingan liga mereka sepanjang musim 2021-2022.

Alexia juga berhasil membawa klub berjulukan Blaugrana sukses di Spanish Super Cup dan Copa de la Reina. Meski Barca kalah di Liga Champions, raihan tersebut melengkapi treble domestiknya bersama klub.

Pesepak bola wanita ini juga bersinar di Liga Champions karena mampu menorehkan 11 gol. Pencapaian impresif tersebut juga menjadi yang lebih banyak dari pemain lain di kompetisi tersebut.

Mengenai cedera yang dialaminya, Alexia Putellas berharap cepat pulih dan bisa bermain, serta melanjutkan kesuksesannya di musim ini.

Berikut daftar 10 besar di Ballon d’Or Wanita 2022:

1. Alexia Putellas (Barcelona)

2. Beth Mead (Arsenal)

3. Sam Kerr (Chelsea)

4. Lena Oberdorf (Wolfsburg)

5. Aitana Bonmati (Barcelona)

6. Alex Popp (Wolfsburg)

7. Ada Hegerberg (Lyon)

8. Wendie Renard (Lyon)

9. Catarina Macario (Lyon)

10. Lucy Bronze (Barcelona)

Wohoo! Congratulations buat Alexia Putellas!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *