Bertemakan Presidensi G20 Indonesia, Kominfo Gelar Kompetisi AJK 2022

226
0

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar kompetisi tahunan Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) tahun 2022. Kompetisi yang diinisiasi sebagai ruang ekspresi karya terbaik insan jurnalis ini memasuki tahun kelima penyelenggaraan.

Mengutip situs Kemenkominfo, Penyelenggaraan AJK kali ini mengusung tema “Presidensi G20 Indonesia Wujudkan Transformasi Digital yang Inklusif, Memberdayakan, dan Berkelanjutan”. AJK 2022 juga menjadi wujud apresiasi pemerintah kepada rekan-rekan jurnalis yang telah berkontribusi, bekerja berdampingan dengan pemerintah dalam mengomunikasikan agenda Presidensi G20 ke berbagai lapisan masyarakat.

“Dalam momentum Presidensi G20, peran media dan jurnalis sangatlah penting dalam menyampaikan informasi terkait Presidensi G20 sebagai nation branding Indonesia,” kata Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan SDM serta Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi.

Tema ini dipilih karena sejalan dengan momentum Indonesia yang memegang estafet Presidensi G20 2022. Momentum ini terus dikomunikasikan ke seluruh lapisan masyarakat, sesuai dengan arahan Presiden Bapak Joko Widodo (Jokowi).

Beliau menitikberatkan, bahwa informasi mengenai Presidensi G20 harus sampai ke masyarakat, bahkan sampai yang berdomisili di wilayah terluar Indonesia.

Selain itu, Kemenkominfo sebagai pengampu Digital Economy Working Group (DEWG) dalam Presidensi G20 mengangkat tiga isu prioritas di sektor digital. Ketiga isu tersebut antara lain konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

“Diskusi dan sidang-sidang yang digelar pada DEWG diharapkan dapat mendorong tercapainya akselerasi transformasi digital yang menekankan prinsip inklusivitas, pemberdayaan, dan keberlanjutan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba.

Tiga prinsip yang menjadi agenda besar transformasi digital itu diharapkan bisa menjadi kompetisi yang memantik karya insan jurnalis untuk lebih memperkenalkan Presidensi G20 kepada seluruh masyarakat.

Gelaran AJK 2022 ini juga menjadi wadah apresiai sekaligus ruang ekspresi bagi jurnalis untuk melombakan karya-karya terbaiknya dalam menyebarkan informasi terkait Presidensi G20 Indonesia.

Adapun informasi lengkap mengenai pendaftaran, persyaratan umum dan khusus, serta pelaksanaan Puncak AJK Tahun 2022 bisa disaksikan melalui tautan berikut: https://ajk.kominfo.go.id/.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *