Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Sumatra Barat, Tingginya Capai 4,3 Meter

Penemu menyangka tanaman itu adalah kayu sisa pembersihan kebun.

228
0
Bunga Bangkai

Bunga Bangkai dengan ukuran raksasa terpantau mekar di kebun pinang milik warga di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Minggu (4/12).

Hal ini diketahui dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Kabupaten Agam melalui website bksdasumbar.org. Bunga Bangkai ini dilaporkan juga memiliki tinggi 4,35 meter dan lebarnya lebih dari satu meter.

Penampakan Bunga Bangkai yang ada di Kabupaten Agam / BKSDA Sumbar

Bunga ini ditemukan oleh seorang warga pertama kali kurang lebih dua minggu yang lalu. Sebelumnya, warga ini menyangka tanaman yang dilindungi itu adalah sebuah tunggal kayu sisa pembersihan kebun.

Penemuan warga ini pun diteruskan kepada seorang bernama Heru Nofriandi yang juga merupakan aktivis perlindungan dan pemerhati tumbuhan di kawasan tersebut. Lantas, laporan tersebut pun langsung diteruskan kepada BKSDA lewat Resor Konservasi Wilayah II Maninjau.

Tinggi Bunga Bangkai
Perbandingan Tinggi Bunga Bangkai/BKSDA Sumbar

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, S.TP, M.Sc membenarkan bahwa tumbuhan itu adalah jenis bunga bangkai raksasa dengan nama latin Amorphophallus titanium dan pada saat ditemukan sudah mekar sempurna pada hari pertama dan termasuk ke dalam jenis tumbuhan dilindungi.

“Untuk ukurannya sendiri, sebagaimana dilaporkan adalah termasuk tinggi dan besar,” kata Kepala BKSDA Sumbar, Bapak Ardi Andono, seperti disadur dari bksdasumbar.org.

Bunga bangkai ini akan mekar sempurna sampa dengan busuk nanti di rentan waktu 7-10 hari. Bunga bangkai sendiri memiliki dua fase, yaitu fase vegetative atau berdaun yang ditandai dengan adanya batang dan daun serta berlangsung selama dua tahun. Serta fase generative atau berbunga yang akan berlangsung selama 7-10 hari.

Oiya, jangan sampai terkecoh. Bunga Bangkai ini berbeda dengan Rafflesia Arnoldii loh. Bunga Bangkai memiliki rumah satu dan memiliki bunga jantan dan betina. Sedang, Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan yang memiliki dua rumah.

Menurut catatan BKSDA Kabupaten Agam, saat ini sudah ada empat jenis bunga bangkai yang ditemukan di wilayah Kabupaten Agam. Diantaranya adalah Amorphophallus Titanium, Amorphophallus Gigas, Amorphophallus Paoeniifolius, dan Amorphophallus Variabilis.

Bunga bangkai juga termasuk ke dalam tumbuhan yang dilindungi menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Menteri LHK Nomor 106 Tahun 2018.

Yuk, kita jaga keberlangsungan hidup Bunga Bangkai yang cantik ini Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *