Indonesia Punya 5 Arsitek yang Karyanya Luar Biasa, Siapa Saja?

324
0

Dibalik megahnya gedung-gedung pencakar langit, ada hasil buah tangan dari seorang arsitek. Tak hanya gedung dengan tinggi yang menjulang, rumah-rumah mewah juga merupakan hasil dari seorang arsitek.

Arsitek merupakan profesi yang memiliki tugas untuk merencanakan dan merancang desain suatu bangunan. Kapasitas mereka juga sudah sangat terlatih di bidang seni serta desain, dan biasanya memainkan peran kunci dalam sebuah konstruksi. Selain itu, arsitek juga menjadi pemimpin bagi pekerja yang lain.

Nah, Indonesia ternyata memiliki arsitek dengan karya-karyanya yang luar biasa dan mendunia. Bahkan di antaranya juga mendapat berbagai penghargaan bergengsi dari dunia arsitektur internasional.

Lantas, siapa saja mereka dan apa saja karyanya? Berikut selengkapnya.

Masjid Istiqlal

1. Masjid Istiqlal – Fredrich Silaban

Masjid Istiqlal yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, merupakan masjid nasional negara Republik Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.

Dibalik megahnya Masjid Istiqlal, ada nama Fredrich Silaban yang menjadi arsitek di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Bapak Fredrich Silaban adalah salah satu arsitek Indonesia yang eksis di era kemerdekaan dengan karya-karyanya yang dikagumi oleh sesama arsitek Indonesia, bahkan juga arsitek dunia.

Masjid Istiqlal ini adalah salah satu karya yang terkenal dari sekian banyak karyanya, dan bahkan hingga kini masih berdiri kokoh dan megah. Masjid Istiqlal juga sempat menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara di era 1970-an.

Masjid ini juga menjadi simbol toleransi karena letaknya berseberangan dengan Gereja Katedral.

Museum Tsunami Aceh

2. Museum Tsunami Aceh – Ridwan Kamil

Dikenal sebagai pejabat negeri, Bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya merupakan seorang arsitek. Bahkan, Bapak Ridwan Kamil juga berhasil membuat karya yang sudah diakui dunia.

Bapak RK sempat meniti karir sebagai arsitek di Amerika Serikat. Pada tahun 2022, dirinya kemudian kembali ke Indonesia dan mendirikan Urbane, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur, dan desain.

Salah satu karyanya yang mendunia adalah Museum Tsunami Aceh. Museum ini dibuka pada tahun 2009 untuk mengenang para korban bencana tsunami di Aceh. Oleh karenanya, di dinding ruangan terdalam bangunan ini ada nama-nama korban tsunami Aceh.

Tak hanya Museum Tsunami Aceh, Bapak Ridwan Kamil juga memiliki karya yang tak kalah populer lainnya seperti Marina Bay Waterfront Master di Singapura, Sukhotai Urban Resort Master Plan di Bangkok, Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar, dan Shao Xing Waterfront Masterplan di China.

Gedung Perpustakaan UI

3. Perpustakaan Universitas Indonesia – Budiman Hendropurnomo

Karya arsitek Indonesia terbaik selanjutnya datang dari Bapak Budiman Hendropurnomo. Salah satu karyanya adalah Perpustakaan Universitas Indonesia. Bapak Budiman merancang perpustakaan tersebut menggunakan konsep dan kesan yang mendekati alam.

Perpustakaan UI juga terdapat ruang luar yang bisa difungsikan sebagai ruang santai untuk publik, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, di dalam perpustakaan ini juga ada ruang-ruang dinamis yang membuat karya megah dari Pak Budiman ini semakin mengagumkan.

KCN office

4. KCN Office – Atelier Cosmas Gozali

KCN Office merupakan hasil karya dari arsitektur Indonesia, Cosmas Gozali. KCN Office ini memiliki bentuk yang layak disebut sebagai karya terbaik di dunia. Bangunan ini dibuat dengan khas arsitektur modern dibanding lingkungan sekitarnya, sehingga tampilannya pun sangat standout dan megah. KCN Office ini terletak di Marunda, Jakarta Utara.

Selain bentuknya yang istimewa, lokasi KCN Office juga tidak biasa. Satu yang unik dari bangunan ini ada di bagian atas, yaitu penggabungan fasad banguanan dengan atapnya. Atap yang terlihat tidak teratur ini mencontohkan pemikiran yang inovatif dari seorang Cosmas Gozali dalam mengeksplorasi desain, dan perhatian yang teliti dan pertimbangan cermat yang masuk ke dalam desain.

Menara Phinisi UNM

5. Menara Phinisi UNM – Yu Sing

Menara Phinisi UNM (Universitas Negeri Makassar) merupakan salah satu karya megah dan terbaik dari arsitek Indonesia yang bernama Yu Sing. Karya arsitektur asal Bandung, Jawa Barat, ini dibuat dengan gaya kontemporer yang memang identik dengan rancangan-rancangan yang ia buat.

Selain itu, Yu Sing juga dikenal dengan kemampuannya bermain dengan material-material daur ulang yang berani, konsep bangunan, dan rumah ramah lingkungan. Menara Phinisi UNM ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari 5 karya tersebut, mana karya yang pernah kalian kunjungi?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *