Ini Alasan TKI Disebut sebagai Pahlawan Devisa

TKI dalam satu bulan pasti akan mengirimkan uang ke dalam negeri untuk keluarganya.

577
0
Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri kerap disebut sebagai Pahlawan Devisa Negara. Mengapa demikian? Sebelum jauh membahasnya, ada baiknya kita mengetahui dahulu apa pengertian dari devisa sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), devisa merupakan alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri. Bila devisa suatu negara bertambah, maka kegiatan ekonomi negara tersebut akan terus berkembang.

Sumber foto: Shutterstock

Devisa atau alat pembayaran luar negeri ini bisa berupa wesel asing, valuta asing, emas batangan, surat-surat berharga, dan sebagainya. Devisa juga biasanya digunakan untuk melakukan transaksi antarnegara.

Dikutip dari portal berita Kompas.com, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri turut menyumbang pemasukan devisa ke dalam negeri dalam bentuk remitansi. Remitansi sendiri berarti pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri (menurut KBBI). Namun, remitansi bisa juga diartikan sebagai pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri.

TKI dalam satu bulan pasti akan mengirimkan uang ke dalam negeri untuk keluarganya. Nah, hal ini masuk ke dalam remitansi masuk atau inward remittance.

Sumber foto: Shutterstock

Lalu, uang yang sudah dikirimkan ini akan digunakan oleh keluarga para TKI untuk keperluan sehari-harinya, baik untuk berbelanja maupun untuk modal usaha.

Ini berarti uang itu bisa menggerakkan roda perekonomian negara. Meski begitu, uang devisa atau remitansi yang dikirimkan TKI tidak masuk ke dalam pendapatan negara. Menurut data Bank Indonesia (BI), pada kuartal II 2022 remitansi atau pengiriman uang pekerja migran Indonesia (PMI) dari luar negeri ke Tanah Air mencapai $2,39 miliar.

Sumber foto: Shutterstock

Jumlah ini meningkat 1,82% dibanding kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter/qoq), serta tumbuh 4,87% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Jika diakumulasikan, kiriman dari para TKI ke keluarganya di Indonesia sepanjang semester I 2022 mencapai $4,73 miliar. Tumbuh 4,32% (yoy) dibanding semester I tahun lalu.

Dengan jumlah uang yang begitu besar yang dikirimkan TKI dari luar negeri ke Indonesia, TKI menjadi berjasa dalam membantu perekonomian negara. Ini lah yang menjadi dasar bahwa para TKI ini menjadi “Pahlawan Devisa Negara”.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *