Injury Time Piala Dunia 2022 Lebih Lama? Ternyata Ini Alasannya

Injury time di Piala Dunia 2022 ramai diperbincangkan karena lebih panjang dibanding biasanya.

181
0
Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 di Qatar menghadirkan sejumlah fakta menarik, salah satunya injury time atau tambahan waktu. Belakangan ini, injury time di pertandingan Piala Dunia 2022 ramai diperbincangkan karena lebih panjang dibandingkan biasanya.

Berubahnya tambahan waktu yang diberikan wasit di Piala Dunia 2022 Qatar ini ternyata punya alasan tersendiri.

“Tujuannya adalah menawarkan lebih banyak pertunjukan kepada mereka yang menonton Piala Dunia,” ucap Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina.

Piala Dunia 2022
Pertandingan Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022: theathletic.com

Wasit memberikan tambahan waktu hingga 10 menit bahkan 14 menit di beberapa pertandingan awal Piala Dunia 2022 Qatar. Dari catatan Opta, waktu tambahan terbanyak dalam satu pertandingan terjadi di empat pertandingan fase grup Piala Dunia 2022.

Seperti pada laga Inggris vs Iran, wasit memberikan total tambahan waktu hampir 30 menit. Jadi, rinciannya adalah 14 menit di babak pertama dan 13 menit di babak kedua. Tambahan waktu tersebut dilakukan untuk mengganti waktu yang terbuang selama pertandingan, seperti ketika pemain mengalami cedera, pergantian pemain, dan selebrasi gol.

Momen selebrasi para pemain Belanda saat mengalahkan Senegal di Piala Dunia 2022: tsn.ca
Momen selebrasi para pemain Belanda saat mengalahkan Senegal di Piala Dunia 2022: tsn.ca

Selain itu, tambahan waktu lebih ini juga terjadi di pertandingan Belanda melawan Senegal dan Amerika Serikat menghadapi Wales yang masing-masing mendapat tambahan waktu 11 menit di babak kedua.

Pierluigi juga mengatakan, Piala Dunia tahun ini menambahkan ofisial keempat yang memang ditugaskan untuk mencatatkan waktu yang hilang atau terbuang selama pertandingan. Dan ternyata, hal ini juga pernah dilakukan di Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Di Rusia, kami berusaha lebih akurat dalam mengompensasi waktu yang hilang selama pertandingan dan itulah mengapa Anda melihat tambahan enam, tujuh atau bahkan delapan menit,” ujar Pierluigi.

Di sisi lain, Marco Van Basten yang pernah menjabat Direktur Teknik FIFA pada 2017 menilai waktu permainan sepak bola sekarang yang efektif hanya 60 menit. Van Basten juga mencatat, sudah menjadi rutinitas bagi wasit untuk memberikan tambahan waktu satu menit di babak pertama dan tiga menit di babak kedua terlepas dari apa yang terjadi di lapangan.

Di Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil, para penonton hanya menonton turnamen empat tahunan itu selama 60 menit dan turun menjadi 58 dan 52 menit di Piala Dunia 2018.

“Yang ingin kami hindari adalah memiliki pertandingan yang berlangsung selama 42, 43, 44, 45 menit dalam permainan aktif. Ini tidak bisa terima,” ungkap Pierluigi.

Bagaimana menurut kamu soal tambahan waktu lebih di Piala Dunia 2022 ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *