Kondisi RPTRA Kalijodo Kini, Ada Acara Musik Tiap Akhir Pekan

RPTRA Kalijodo memiliki berbagai wahana bermain anak-anak, serta tenda penjual makanan. Tempat ini juga jadi lokasi latihan skateboard dan sepeda BMX.

292
0
Kalijodo

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo dulu sempat menjadi salah satu ikon taman anak muda yang identik dengan berbagai macam aktivitas. Selain itu, banyak juga wisata kuliner yang bisa dinikmati masyarakat di lokasi ini.

Mulai dari jajanan tradisional sampai dengan kuliner kekinian tersedia di Kalijodo. Kawasan yang identik dengan image negatif dahulunya, sejak beberapa tahun lalu sudah berubah menjadi salah satu taman ramah anak.

Tim Redaksi Oppal pun penasaran dengan kondisi RPTRA Kalijodo saat ini, dan berangkat menuju ke lokasi menjelang siang. Memang, suasana di lokasi RPTRA Kalijodo terlihat sangat sepi. Terlihat hanya ada beberapa pengunjung keluarga yang datang menikmati suasana Kalijodo sambil sesekali menyuapi anak mereka dengan bekal yang dibawa.

Tenda-tenda penjual makanan terlihat tutup di hari biasa
Tenda-tenda penjual makanan terlihat tutup di hari biasa

Terlihat juga beberapa petugas kebersihan yang sedang membersihkan kawasan RPTRA Kalijodo. Kami pun segera menghampiri dan bertanya seputar kondisi Kalijodo saat ini. “Kalau hari biasa di sini memang sepi seperti ini, ramainya itu di hari Sabtu dan Minggu. Makanya ini tenda-tenda pada tutup semua,” ujar salah satu petugas kebersihan.

Penelusuran kami pun berlanjut dan kami menemukan sebuah arena permainan anak yang ditutup dengan terpal. Menurut salah satu penjaga arena permainan, hal ini memang sengaja dilakukan untuk menghindari kerusakan pada permainan tersebut.

Wahana bermain di RPTRA Kalijodo terlihat ditutup karena sepi pengunjung di hari biasa
Wahana bermain di RPTRA Kalijodo terlihat ditutup karena sepi pengunjung di hari biasa

Saat kami bertanya kepada petugas permainan anak-anak tersebut, ia mengatakan bahwa memang permainan ini hanya dibuka pada saat akhir pekan saja. Di hari biasa, ia menunggu kondisi agak ramai untuk membuka arena permainan anak tersebut.

“Ini buka hari Sabtu sama Minggu karena di situ ramenya, kalau hari biasa liat situasi aja, kalau sore rame ya saya buka. Cuma kalo sepi, saya enggak buka,” kata penjaga permainan anak.

Kami juga menemukan spanduk bertuliskan “Kalijodo Musik” yang terdapat di aula RPTRA. Kami pun berinisiatif untuk menemui pengelola untuk bertanya seputar spanduk tersebut. Namun, kami tidak bisa menemui pengelola yang sedang tidak ada di lokasi.

Kalijodo Musik diadakan tiap akhir pekan
Kalijodo Musik diadakan tiap akhir pekan

Lantas, kami bertanya kepada petugas keamanan yang sedang berjaga di lokasi RPTRA Kalijodo tentang spanduk “Kalijodo Musik”. Petugas ini berkata bahwa memang setiap Sabtu dan Minggu ada acara live music.

“Setiap Sabtu dan Minggu memang ada live music di sini. Siapa saja yang mau mengisi acara di sini boleh dan gratis,” kata petugas keamanan tersebut kepada Tim Redaksi Oppal. Hal ini merupakan sebuah kemajuan dari RPTRA Kalijodo untuk mendukung para pegiat musik lokal yang ingin memiliki panggung.

Selain menjadi tempat latihan para pemain skateboard dan sepeda BMX, ternyata RPTRA Kalijodo saat ini sudah bertransformasi menyelenggarakan acara musik untuk mendukung musisi lokal.

Keren banget ya Oppal Gengs! Yuk habiskan waktu akhir pekan kamu ke RPTRA Kalijodo untuk sekadar bersantai dan menikmati lantunan musik serta menikmati camilan bersama keluarga.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *