Mau Liburan ke Bali? Cek Hal-hal yang Boleh dan Enggak Boleh Kamu Lakukan

Liburan boleh saja, tapi harus tetap taat aturan ya, gengs.

418
0
Peraturan di Bali

Gengs, belakangan ini sedang ramai berita tingkah kurang sopan oleh sejumlah warga negara asing (WNA) di Bali. Hal itu tentu menjadi sorotan sejak beberapa waktu terakhir. Semisal, beberapa WNA ugal-ugalan saat berkendara di jalanan Bali.

Bahkan, selain ugal-ugalan, para turis asing, umumnya bule, juga berperilaku nyeleneh seperti berbonceng dengan posisi saling menghadap, enggak memakai helm, sampai motor berpelat palsu. Huft, what a shame.

Gubernur Bali, Wayan Koster pun bakal melarang para turis asing untuk menyewa sepeda motor. Larangan tersebut juga akan disahkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

“Yang pertama mengenai kepariwisataan Bali, jadi sudah ada Peraturan Gubernur (Pergub) Bali, mengenai tata kelola pariwisata Bali,” kata Pak Wayan Koster.

Anyway, tingkah para bule ini jadi bikin kita penasaran juga nih, gengs, sebenarnya apa saja yang boleh dilakukan dan enggak boleh dilakukan di Bali, ya? Terutama untuk para turis dari berbagai belahan dunia. Apa saja peraturannya? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

Yang harus dilakukan di Bali

1. Perhatikan aturan setempat

via GIPHY

Pengelola destinasi wisata dan pemandu menginformasikan secara lengkap dan menyebarluaskan ke turis asing mengenai aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya supaya para wisatawan, baik mancanegara mau pun domestik, tahu apa saja yang harus dilakukan dan dihindari.

Wisatawan bisa mencari informasi lebih dulu di internet terkait kode etik dan adat istiadat destinasi wisata atau sentra ekonomi kreatif yang bakal mereka kunjungi.

2. Berpakaian yang sesuai pada tempatnya

Peraturan di Bali
Ilustrasi aturan berpakaian/unsplash

Bali adalah salah satu destinasi yang menjunjung tinggi norma dan adat istiadat. Jadi, kalau wisatawan mau berkunjung ke candi atau tempat suci lainnya, mereka harus menggunakan pakaian yang sesuai, seperti sarung atau kain, dan menggunakan atasan yang enggak terlalu terbuka.

3. Patuhi protokol kesehatan

Peraturan di Bali
Ilustrasi protokol kesehatan/unsplash

Hal berikutnya yang diboleh dilakukan di Bali adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan meng-update informasi terkait regulasi persyaratan perjalanan darat maupun udara.

4. Punya SIM (Surat Izin Mengemudi)

Peraturan di Bali
Ilustrasi SIM/shutterstock

Para turis yang datang ke bali harus memiliki SIM nasional maupun internasional kalau mereka yang ingin mengemudikan kendaraan di kawasan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Yang enggak boleh dilakukan di Bali

1. Masuk ke area suci tanpa izin

Peraturan di Bali
Ilustrasi aturan dilarang masuk/unsplash

Kesopanan merupakan salah satu hal yang penting banget untuk diterapkan, termasuk di Bali. Wisatawan harus berhati-hati ketika akan memasuki area-area suci. Karena, beberapa tempat tersebut bisa saja punya aturan tersendiri.

2. Cuek soal aturan di pantai

Pantai memang menjadi salah satu daya tarik wisata di Bali. Tapi, Bali bukan sekadar tempat untuk liburan saja, ada aturan yang terkadang sudah seharusnya dipatuhi oleh para wisatawan. Semisal, jangan meninggalkan sampah apa pun di pantai dan mendengarkan imbauan penjaga pantai setiap waktu.

3. Menggunakan plastik sekali pakai

Turis yang berkunjung ke Bali dianjurkan untuk menggunakan perlengkapan yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Jadi, penggunaan plastik sekali pakai enggak dianjurkan banget, gengs.

Aturan ini merupakan salah satu cerminan wujud nyata penerapan strategi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang berbasis berkelanjutan untuk menjaga lingkungan.

4. Merusak tempat dan fasilitas publik

Enggak cuma di Bali, menjaga fasilitas di tempat umum sudah menjadi kewajiban bersama, bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Wisatawan perlu berhati-hati dalam mengunjungi tempat-tempat wisata dan jangan sesekali merusak tempat tersebut dengan sembarangan. Semisal menginjak tanaman atau melakukan vandalisme.

5. Menyebarkan berita hoax

Informasi yang kebenarannya perlu dipertanyakan atau hoax memang bikin kita resah. Untuk itu, para turis diminta lebih bijak dalam bermedia sosial ketika ingin membagikan ulasan maupun unggahan yang ingin dibagikan.

Mereka bisa share cerita soal pengalaman traveling dengan bijak, sehingga bisa menjadi ulasan positif yang bermanfaat bagi sesama.

Nah, itu dia do’s and don’t’s alias hal-hal yang harus dilakukan dan enggak boleh dilakukan di Bali. Bagi kalian yang ingin liburan ke Bali, sebaiknya mengikuti peraturan yang ada, ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *