Meneliti Daun Kelor, Siswi SMA Surabaya Juara Kompetisi Sains Internasional di Taiwan

Nathania berhasil menjadi juara 1 kategori Medical and Health Science.

369
0
Siswi SMP di Surabaya yang Menang Lomba di Taiwan

Lagi-lagi kabar membanggakan datang dari murid SMA asal Surabaya bernama Nathania. Pasalnya, ia berhasil menjadi juara 1 kategori Medical and Health Science dalam kompetisi Taiwan International Science Fair (TIFS) 2023.

Dikutip dari berbagai laman, prestasi Nathania ini diraih bermula saat dirinya mengikuti Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) di tahun 2022 lalu. Saat itu, Nathania meneliti silver moringa berbahan ekstra daun kelor untuk melawan bakteri salmonella penyebab penyakit tifus.

Dari penelitian ini, Nathania kemudian mengembangkan ekstrak daun kelor itu untuk melawan MRSA yang merupakan bakteri patogen yang sangat mematikan, karena bisa menyebabkan infeksi, sepsis, sampai dengan kematian.

Lebih jauh, bakteri MRSA ini bisa muncul karena penggunaan antibiotik berlebihan di ruang ICU. Menurut Nathalia, meskipun ada obat untuk melawan bakteri ini, namun harganya sangat mahal yakni Rp1,4 juta.

Tentu hal ini akan lebih berat bagi pasien yang memiliki kondisi ekonomi biasa-biasa saja.

“Karenanya saya teliti ekstra kelor ini didukung dengan berbagai jurnal bahwa ditemukan kandungan, Kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada ekstrak kelor untuk melawan MRSA,” ucap Nathania dikutip dari beritajatim.com.

Siswa Surabaya
Ilustrasi Daun Kelor/Shutterstock

Nathania juga mengatakan bahwa ekstrak daun kelor ini kemudian disentesis dengan nano partikel perak yang menjadi agen anti bakteri terhadap MRSA. Penelitian ini kemudian berhasil dan diaplikasikan ke kain sisal.

“Bermodal ini saya mengikuti TIFS. (Sebagai delegasi) ke Taiwan banyak yang bilang berat dan belum ada yang menang. Tapi saya hanya lakukan yang terbaik,” tambah Nathania.

Baca Juga: “Satelit Nano SS-1 Karya Mahasiswa Indonesia Mengorbit di Ketinggian 420 KM

TISF 2023 ini diikuti oleh 22 negara di dunia, seperti Taiwan, Indonesia, Singapura, Thailand, Macau, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Ukraina, Iran, Mesir, Luxemburg, Afrika Selatan, Tunisia, Turki, Italia, Brasil, Meksiko, Swiss, Republik Ceko, dan USA.

Selamat untuk Nathania. Semoga prestasi ini bisa membawa Nathania untuk lebih baik lagi ke depannya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *