Mengenal Panic Crowds, Situasi Panik di Dalam Kerumunan

Ada beberapa bentuk kerumunan, salah satunya adalah panic crowds, yaitu kerumunan orang-orang yang sedang dalam keadaan panik.

383
0

Manusia adalah kelompok sosial yang senang berkumpul atau berinteraksi seta berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Ada dua kelompok sosial yang biasa kita temui di tengah masyarakat.

Pertama adalah kelompok sosial yang didasarkan atas kepentingan bersama dengan pengorganisasian (kelompok teratur).

Ada pula kelompok sosial yang tidak teratur atau kerumunan yang biasa terjadi ketika ada antrean di halte busway misalnya, atau antrean untuk menonton tiket konser dan lain sebagainya.

Menurut A. Rahman yang juga Master Teacher di ruangguru.com, kerumunan adalah sekumpulan orang yang berada di suatu tempat, akan tetapi mereka tidak berhubungan secara tetap.

Panik

Ada beberapa bentuk kerumunan, salah satunya adalah panic crowds. Panic crowds adalah kerumunan orang-orang yang sedang dalam keadaan panik. Tak menutup kemungkinan, kerumunan orang yang berada dalam kelompok ini ingin menyelamatkan diri dari suatu bahaya yang datang mengancam secara tiba-tiba.

Dorongan dalam diri seorang yang ada dalam kerumunan ini memiliki kecenderungan untuk mempertinggi rasa panik, tak terkecuali memengaruhi orang lain yang ada di dekatnya. Contoh sederhananya, saat terjadi kebakaran di suatu tempat umum, setiap orang di lokasi tersebut ingin menyelamatkan diri dari bahaya api dan asap yang mengancam secara tiba-tiba.

Lantas, adakah kiat untuk mengatasi situasi panik yang tiba-tiba muncul di tengah kerumunan? Meski sulit, namun situasi panik bisa dihadapi secara personal. Berikut penjelasannya.

Kendalikan Rasa Takut

Ketika kamu sedang ada di dalam kerumunan yang terlihat akan menjurus pada kekerasan, kendalikan rasa takut dan yakinkan diri bahwa serangan ini akan segera berakhir. Hal ini penting dilakukan untuk membuat kamu menjadi tenang dan mencari tempat perlindungan. Berusahalah untuk tidak ikut panik, karena hal tersebut akan membuatmu sulit berpikir jernih untuk mencari jalan keluar.

Jauhi Kerumunan untuk Selamatkan Diri

Pada saat terjadi kekacauan di suatu kerumunan, berusahalah untuk menjauh dan temui petugas keamanan yang berjaga untuk meminta pertolongan. Jika sulit menemukan petugas yang berjaga, setidaknya jauhi terlebih dahulu kerumunan, kemudian cari tempat yang lebih sepi untuk berlindung.

Tanya Petugas Keamanan dan Cari Pintu Darurat

Setiap lokasi umum, seperti stasiun kereta dan stadion, pasti memiliki pintu darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Amannya, pada saat masuk ke lokasi umum, perhatikan dan ingat di mana letak pintu darurat terdekat.

Namun jika kamu terlewat memerhatikan letak pintu darurat, dan tiba-tiba terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan, temui petugas keamanan yang sedang berjaga untuk menanyakan letak dari pintu tersebut.

Opsi lain, langsung cari letak pintu darurat terdekat, dan segera keluar untuk menyelamatkan diri. Ingat, selama melakukan hal ini, berusahalah untuk tidak panik dan menyebarkan kepanikan.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi situasi panik ketika berada di dalam kerumunan. Semoga tips dari kami ini bisa bermanfaat ya, Oppal Gengs.  

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *