Momen Menarik yang Terekam di Opening Ceremony Piala Dunia 2022

Gelaran Piala Dunia edisi ini juga terasa spesial dan berbeda dari yang sebelumnya.

215
0
Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 resmi dibuka sejak kemarin, Minggu (20/11), di Stadion Al Bayt, Al Khor. Sejumlah momen menarik pun terekam pada pembukaan seremoni Piala Dunia 2022 kemarin. Hal itu juga sebagai penanda kalau Piala Dunia 2022 resmi dimulai.

Gelaran Piala Dunia edisi ini juga terasa spesial dan berbeda dari yang sebelumnya. Enggak seperti biasanya yang diadakan pada bulan Juni-Juli, turnamen sepakbola empat tahunan ini diselenggarakan pada November-Desember sekaligus pertama kalinya dihelat di Kawasan Timur Tengah, Qatar.

Pembukaan Piala Dunia 2022 menampilkan artis-artis ternama dunia, seperti Jungkook BTS dan Morgan Freeman. Acara opening ceremony juga diisi oleh penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi dan brand ambassador Ghanim Al-Muftah.

Beberapa hal menarik pun terjadi di upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar yang dihadiri sekitar 60 ribu penonton. Berikut rangkumannya.

Dihadiri pemimpin negara-negara Arab dan Afrika

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 dihadiri sejumlah pemimpin negara-negara Timur Tengah. Kehadiran mereka seakan mencerminkan tema yang diusung secara langsung, sehingga menjadi hal yang sangat menarik.

Para pejabat negara yang hadir berada di kursi VVIP Stadion Al Bayt dengan menggunakan tenda ala suku Badui. Mereka adalah Sheikh Tamim, ayahnya Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Ada juga dua pemimpin di Timur Tengah yang selama ini diketahui punya hubungan yang kurang baik dengan Qatar selama bertahun-tahun, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi.

Selain itu, hadir juga Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Rwanda Paul Kagame, Raja Yordania Abdullah II, Putra Mahkota Kuwait Sheikh Meshal Al-Ahmad Al-Sabah, dan Presiden Djibouti Ismail Omar Guelleh.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedron Adhanom Ghebreyesus dan Sekjen PBB Antonio Guterres juga tampak dan menjadi tamu istimewa yang hadir di stadion.

Pembacaan ayat suci Alquran

Ghanim Al-Muftah
Ghanim Al-Muftah: telecinco.es

Piala Dunia edisi ini cukup menarik karena dibuka dengan lantunan ayat dari kitab suci Alquran. Ghanim Al-Muftah yang menjadi brand ambassador dan penghafal Alquran membacakan ayat dari kitab suci umat Islam tersebut.

Ayat yang dibacakan oleh Ghanim adalah ayat ke-13 dari surat Al-Hujurat yang memiliki makna, “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.”

Morgan Freeman merepresentasikan keberagaman dan persatuan

Morgan Freeman
Morgan Freeman dan Ghanim Al-Muftah: marca.com

Aktor Hollywood terkenal dan kawakan Morgan Freeman juga menjadi sorotan utama dalam opening ceremony Piala Dunia 2022 ini. Morgan yang berpakaian dengan setelan jas berwarna hitam, sepatu kets hitam, dan sarung tangan kuning ini tampil mewakili keberagaman dan persatuan bagi seluruh manusia.

Morgan menjadi perhatian ketika ia menyampaikan kata-kata berisi pesan persatuan umat manusia dengan gaya kharismatiknya yang khas. Enggak Cuma itu, Morgan Freeman juga berbicara dengan Ghanim Al-Muftah.

Perkenalan budaya Qatar

Qatar memperkenalkan budaya negaranya kepada dunia dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022 dengan tema “menjembatani jarak”. Direktur Kreatif Ahmad Al Baker merancang pembukaan seremoni tersebut sebagai tanda pertemuan untuk seluruh umat manusia, di mana para tamu undangan berkumpul sebagai satu kesatuan, menjembatani semua perbedaan dengan kemanusiaan, rasa hormat, dan inklusi.

Maskot Piala Dunia

Maskot Piala Dunia tentu menjadi hal yang paling ditunggu oleh para penggemar sepakbola. Pesta sepakbola dunia ini menghadirkan sejumlah maskot menarik, mulai dari Naranjito, maskot Piala Dunia Spanyol 1982, Ciao dari Italia 1990. Footix dari Prancis 1998, Ato Nik Kaz dari Jepang-Korea 2022, sampai Zabivaka yang menjadi maskot Piala Dunia 2018 lalu.

Parade maskot Piala Dunia tersebut tentu menjadi pengiring kehadiran maskot Piala Dunia 2022, La’eeb. Maskot Piala Dunia edisi tahun ini hadir dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga membuat banyak penggemar sepakbola teringat kembali memori Piala Dunia yang pernah mereka saksikan sebelumnya.

Penampilan Jungkook BTS

Jungkook
Jungkook saat tampil di opening ceremony Piala Dunia 2022: Twitter @eldinsa_t

Kehadiran Jungkook BTS sepertinya menjadi yang paling ditunggu-tunggu di opening ceremony Piala Dunia 2022. Tampilnya Jungkook juga menjadi sebuah catatan pertama kalinya K-pop tampil di panggung pembukaan Piala Dunia 2022.

Jungkook tampil bersama penyanyi Qatar, Fahad Al Kubaisi, dengan menyanyikan lagu berjudul “Dreamers”. Lagu tersebut menjadi salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *