Motivasi Ibu Buat Pebulutangkis Bilqis Prasista Raih Prestasi

170
0

Dunia bulutangkis Tanah Air ramai dengan atlet muda Bernama Nama Bilqis Prasista. Pebulutangkis berusia 18 tahun itu menjadi sorotan media pada perhelatan akbar kejuaraan bulutangkis beregu putri, Piala Uber 2022. Nama Bilqis mencuat usai mengalahkan tunggal putri nomor 1 dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Bilqis yang menduduki peringkat 333 dunia berhasil memenangi dua game langsung dengan skor 21-19 di set pertama, dan 21-19 pada set kedua. Laga tersebut merupakan laga terakhir penyisihan grup A Uber Cup 2022 pada Rabu (11/5) kemarin. Tak hanya bermain apik saat melawan Akane Yamaguchi, Bilqis juga tercatat berhasil meraih poin saat menghadapi wakil dari Jerman dan Perancis.

Meski demikian, keberhasilan Bilqis Prasista di Uber Cup 2022 juga nggak lepas dari sosok kedua orang tuanya yang juga merupakan legenda bulutangkis Indonesia, yakni Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Ayahnya pernah meraih gelar Thomas Cup pada tahun 1994, 1996, 1998, dan 2000. Sementara, ibunya juga membawa Indonesia juara Uber Cup pada 1994 dan 1996 silam. Nggak heran, kedua mantan atlet bulutangkis tersebut mewarisi kehebatannya kepada anaknya, Bilqis.

Bilqis sendiri tergabung dalam PB Djarum sejak SMA. Bahkan, untuk masuk ke PB Djarum saat itu bisa dibilang cukup sulit, karena Bilqis sempat gagal sebelum akhirnya benar-benar bisa bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2018 dengan mengikuti audisi khusus. Namun, Bilqis resmi bergabung dengan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) pada tahun 2020.

Putri dari Joko dan Zelin ini juga berhasil menyabet gelar juara di sejumlah kejuaraan, seperti Juara Jakarta International Series (2019), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, dan Juara Jakarta International Series 2019.

Atas pencapaian yang diraihnya, Bilqis mengaku seringkali mendapatkan motivasi dari sang ibu, Zelin. Motivasi tersebut menjadi pelecut Bilqis untuk meraih prestasi lebih baik lagi. Bahkan, melebihi pencapaian kedua orang tuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *