Mudik Lebih Awal, Pemerintah Janjikan Potongan Harga Via Pelabuhan Merak

Diprediksi arus mudik akan mencapai puncaknya pada H-1 atau Jumat 21 April 2023.

183

Menuju arus mudik Lebaran tahun 2023, saat ini pemerintah tengah mempersiapkan beberapa program untuk mengantisipasi berbagai lonjakan kemacetan atau penumpukan penumpang pada setiap moda transportasi. Baik pada transportasi darat, laut, hingga udara.  

Bagi Oppal gengs yang akan mudik ke Pulau Sumatra, baru-baru ini Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar masyarakat dapat berangkat mudik lebih awal dari perkiraan puncak mudik tahun ini.

Kemenhub memprediksi, peningkatan arus mudik sudah terjadi sejak H-3 atau Rabu 19 April 2023, dan akan mencapai puncaknya pada H-1 atau Jumat 21 April 2023.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kebijakan yang dapat memberikan potongan harga atau diskon bagi masyarakat, yang berangkat mudik lebih awal saat menyebrang via Pelabuhan Merak, Banten.

Via: Shutterstock

Pengumuman ini ia sampaikan langsung pada saat Rapat Koordinasi bersama stakeholder terkait persiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran tahun 2023 di Jakarta, Minggu (19/03).

“Kami sedang mengatur kebijakan dari pricing. Jadi kalau mereka yang berangkat lebih awal, lalu memesan, kita akan berikan harga lebih murah,” paparnya.

Budi berharap, dengan kebijakan tersebut akan dapat mengantisipasi dan mengurangi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten pada musim mudik bulan depan.

Namun, hingga saat ini pihak dari Menteri Perhubungan masih mengkaji lebih lanjut dan belum membeberkan informasi mendetail mengenai kebijakan diskon dari tarif penyeberangan.

“Kami masih akan mengkaji aturannya seperti apa, kami akan membaca regulasinya,” tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei pada arus mudik 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi puncak pergerakan di lintas penyeberangan Merak yang akan mencapai lebih dari 42 ribu kendaraan. Jumlah ini telah meningkat dibandingkan dengan puncak arus kendaraan pada H-3 lebaran tahun lalu yang mencapai 37 ribu lebih kendaraan.

Nah untuk menghindari penumpukan penumpang gengs, Menhub juga mengimbau untuk membeli tiket penyeberangan kapal secara daring dan membeli tiket penyeberangan sehari atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan maupun Lebaran. Sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi mengantri pembelian tiket di Pelabuhan dan bisa langsung antri menuju kapal. Semoga mudikmu tahun ini lancar ya gengs!