Ngantuk di Tol Saat Mudik Lebaran? Pemerintah Imbau Jangan Tidur di Rest Area

Ada tempat khusus untuk beristirahat atau tidur saat kamu ngantuk di tol.

68

Pemerintah lewat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Bapak Muhadjir Effendy, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan mudik tahun ini untuk tidak berlama-lama berada di rest area guna menghindari penumpukan.

Bapak Muhadjir mengingatkan bahwa rest area bisa digunakan pemudik untuk mengisi bahan bakar, membeli bekal makanan, dan pergi ke toilet.

Jika para pemudik yang merasa sangat lelah dan ingin beristirahat, Bapak Muhadjir menyarakan untuk keluar tol/exit tol terdekat untuk bisa beristirahat di tempat khusus yang sudah disediakan oleh pihak terkait atau mencari penginapan.

Cuti Bersama
Foto Bapak Muhadjir Effendy/Shutterstock

“Kalau memang betul-betul sudah sangat lelah, keluar di exit tol terdekat. Kaditlantas dan Pak Kapolda sudah menyiapkan tempat untuk istirahat cukup lama untuk tidur sejenak,” ucap Pak Muhadjir dikutip dari Kompas.com, Senin (24/4).

Bapak Muhadjir juga menambahkan pemudik bisa melanjutkan kembali perjalanan setelah tidak mengantuk. Beliau juga meminta untuk pemudik membawa supir cadangan saat melakukan perjalanan mudik.

Hal ini memiliki tujuan untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas pada saat musim mudik. Apalagi yang mudik dengan rute jauh, dengan adanya pengemudi cadangan ini bisa bergantian menyetir jika ada salah satu yang lelah.

“Semakin jauh, maka semakin tinggi potensi kecelakaannya. Sebaiknya yang berkendara jauh membawa driver reserve, cadangan, sehingga bisa bergantian di perjalanan. Jangan memaksakan diri dalam keadaan lelah,” ucap Pak Muhadjir lebih jauh dari sumber yang sama.

Pak Muhadjir juga menyampaikan pihaknya bersama dengan instansi terkait sudah berupaya penuh meminimalisasi angka kecelakaan. Beliau juga mengajak partisipasi dan kesadaran dari para pemudik untuk ikut menjaga keselamatan masing-masing dan pengendara lain di jalan.

Baca juga: “Terjebak Macet Saat Mudik Lebaran? Jangan Kesal, Ini Caranya Biar Kamu Enggak Stres

“Yang penting pesan saya selamat dulu, selamat itu nomor satu. Karena kalau sudah aman, selamat, baru yang lain. Namanya gembira, suka cita, ketemu dengan keluarga itu setelah semuanya berjalan aman dan selamat,” tutup Pak Muhadjir.

Jadi, utamakan selamat, ya gengs. Selamat berlibur semua!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.