Pakai Tenaga Listrik, Berapa Kecepatan Maksimal Mobil Balap Formula E?

Jakarta sukses menggelar balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International e-Prix Circuit (JIEC) atau Sirkuit Internasional Jakarta e-Prix, Ancol, Jakarta Utara. Balapan Formula E seri Jakarta E-prix 2022 ini digelar pada Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 60.000 orang hadir untuk menyaksikan ajang balapan mobil listrik yang diikuti oleh 22 pembalap dari berbagai tim. Jakarta masuk dalam […]

254
0

Jakarta sukses menggelar balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International e-Prix Circuit (JIEC) atau Sirkuit Internasional Jakarta e-Prix, Ancol, Jakarta Utara. Balapan Formula E seri Jakarta E-prix 2022 ini digelar pada Sabtu (4/6/2022).

Sebanyak 60.000 orang hadir untuk menyaksikan ajang balapan mobil listrik yang diikuti oleh 22 pembalap dari berbagai tim. Jakarta masuk dalam seri ke-9 dalam jadwal kalender Formula E musim ini. Event ini menjadi daya tarik sekaligus juga memperkenalkan mobil listrik yang ramah lingkungan kepada khalayak.

Dari segi bentuk dan desain, tidak ada perbedaan yang mencolok antara Formula 1 dan Formula. Hanya saja, mobil Formula E menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkannya. Karena tidak menggunakan bahan bakar, Formula E menggunakan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 52 kWh.

Mobil yang digunakan untuk musim ini merupakan mobil generasi baru dari yang sebelumnya, yaitu Gen 2. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, mobil Gen 2 ini dapat melaju dengan kecepatan hingga 280 kilometer per jam. Di samping itu, mobil Formula E memiliki bobot yang agak berat, yaitu 903 kilogram. Mobil Gen 2 ini lebih berat dari yang sebelumnya, karena baterai yang digunakan memiliki bobot 385 kilogram.

Meski bobotnya yang tergolong berat, mobil ini memiliki bentuk yang ramping dengan Panjang 5.160 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.050 mm. Mobil Gen 2 ini mampu menghasilkan daya maksimal 250 kilowatt (KW) atau sama dengan 335” brake horsepower (BHP), yang mana lebih kencang dari mobil generasi pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *