Profil Walt Disney, Animator Mickey Mouse yang Sukses Meski Pernah Putus Sekolah

Sebelum sukses, Walt Disney sempat putus sekolah serta gagal membuat studio animasi.

326
0
Walt Disney

Siapa yang tak kenal dengan Walt Disney? OPPAL yakin semua orang tahu tentang berbagai karakter dan film yang sudah dibuat oleh studio sang animator, seperti Mickey Mouse, Cinderella, Winnie the Pooh, Pinocchio, Frozen, dan masih banyak lagi.

Film-film tersebut merupakan karya Walt Disney yang merupakan seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara. Walt Disney juga merupakan pelopor film kartun yang sangat terkenal di dunia.

Foto ilustrasi Walt Disney / Shutterstock

Walt Disney Lahir di Amerika

Walt Disney lahir pada 5 Desember 1901 di Hermonas Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Beliau merupakan keturunan ayah Irlandia-Kanada dan ibu berdarah Jerman-Amerika. Walt kecil menghabiskan waktunya dengan menggambar, melukis, dan menjual kemampuannya mengambil foto ke tetangga dan kerabat dari keluarganya.

Foto karakter dari Disney / Shutterstock

Tak sampai di situ, Walt Disney juga mengambil kelas menggambar dan fotografi ketika ia bersekolah di SMA McKinley High School, Chicago. Sejak saat itu, beliau menjadi seorang kartunis yang memiliki kontribusi nyata untuk koran sekolahnya.

Memasuki usia remaja, tepatnya di umur 16 tahun, Walt putus sekolah dan mencoba bergabung dengan Angkatan Darat namun ditolak karena masih di bawah umur. Lalu, Walt bergabung dengan Palang Merah dan sempat dikirim ke Prancis selama setahun untuk mengendarai ambulans.

Mulai Jadi Animator di Kansas City

Sempat berpindah lokasi tempat tinggal beberapa kali, tampaknya takdir membawa Walt Disney ke Kansas City untuk memulai karir sebagai animator. Di kota ini, Walt Disney bertemu dengan kartunis muda bernama Ubbe Eert Iweks atau lebih akrab disapa Ub Iwerks.

Mulai dari situ, Walt Disney bekerja di sebuah perusahaan iklan film Kansas City. Beliau didapuk untuk membuat iklan berdasarkan animasi potongan. Kedua orang ini tampaknya mulai dekat dan memiliki insting yang sama.

via GIPHY

Beberapa waktu kemudian, Ub Iwerks dan Walt Disney membuat bisnis studio animasi kecil. Mereka membuat sketsa animasi yang masih memiliki warna hitam putih. Namun, takdir berkata lain. Perusahaan tersebut tidak bertahan lama.

Akhirnya, Walt Disney membuka perusahaan sendiri bernama Laugh-O-Gram. Beliau merekrut Fred Harman untuk menjadi karyawan pertamanya. Walt dan Harman akhirnya membuat perjanjian dengan teater Kansas City untuk menyaring kartun mereka.

Siapa sangka, kartun yang mereka buat ternyata cukup menyita perhatian sampai mendapat studionya sendiri, dan diberikan nama yang sama. Namun sayang, garis tangan kembali tak memihak kepada Walt dan Harman.

Pada tahun 1923, Laugh-O-Gram terbebani hutang yang sangat banyak dan Disney pun terpaksa mengambil keputusan dengan menyatakan bahwa perusahaan tersebut bangkrut.

Walt Disney Ciptakan Karakter Mickey Mouse

Pada tahun 1923, Walt Disney bersama saudaranya Roy dan Ub Iwerks membuat Studio Kartun Disney Brothers di Hollywood, yang pada akhirnya berganti nama menjadi Walt Disney Studio.

Nah, di studio ini pula tercipta karakter seekor tikus bernama Mickey Mouse. Karakter ini menggambarkan tikus yang ceria, bersemangat, dan sedikit agak nakal. Pada tanggal 18 November 1928, Mickey Mouse akhirnya memulai debutnya dengan film berjudul Steamboat Willie di Colony Theatre, New York.

Foto karakter Mickey Mouse / instagram @disneyland

Dalam film ini, Walt Disney mengisi sendiri suara Mickey. Mengejutkan, film ini pun menjadi sangat populer dan sangat digemari masyarakat.

via GIPHY

Selang setahun, tepatnya di tahun 1929, Disney menciptakan karakter lain yaitu Silly Symphonies, yang menampilkan teman-teman dari Mickey. Mereka adalah Minnie Mouse, Donald Duck, Goofy, dan Pluto.

via GIPHY

Film Animasi Perdana Walt Disney Raih 8 Penghargaan Oscar

Kurang lebih delapan tahun berjalan, pada 21 Desember 1937, Walt Disney merilis film animasi pertama yang berdurasi penuh. Film ini diberi judul Snow White and Seven Dwarfs. Di luar dugaan, film tersebut berhasil membawa delapan penghargaan Oscar untuk Disney.

via GIPHY

Hal ini tentu membuat nama Walt Disney semakin bersinar dan proyek besar berdatangan ke Walt Disney Studio untuk membuat serangkaian film animasi berdurasi penuh selama lima tahun ke depan.

Kejutan kembali diberikan oleh Walt Disney dkk dengan membuat film Mary Poppins yang rillis pada tahun 1964 dengan perpaduan aksi live dan animasi.

via GIPHY

Walt Disney Buka Taman Hiburan

Kartun memang sangat identik dengan taman hiburan. Di taman hiburan, masyarakat bisa menemukan berbagai macam karakter kartun yang siap menghidupkan imajinasi anak-anak yang menonton film kartun karya Walt Disney.

Pada bulan Juli 1955, Walt Disney membuka taman hiburan Disneyland di Annaheim, California. Taman hiburan ini sangat terkenal sebagai salah satu tempat hiburan bagi anak-anak dan keluarga, di mana mereka bisa menikmati berbagai wahana dan bertemu dengan karakter Disney yang sangat terkenal itu.

Panampakan Disneyland di Florida, Amerika Serikat / Shutterstock

Bahkan, Disneyland pun akhirnya buka di negara-negara lain seperti Tokyo, Paris, Hong Kong, Shanghai, dan beberapa wilayah Amerika Serikat seperti Orlando, serta Florida.

Baca Juga: “Disney Indonesia Kolaborasi dengan 5 Brand Lokal Hadirkan Produk Fashion Hingga Beauty

Kini, sosok Walt Disney memang sudah tiada. Namun, beberapa kartunnya masih setia menemani kita sampai saat ini. Terima kasih Walt Disney!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *