Rayakan Bulan Kasih Sayang, Spotify Rilis Fitur Tes Kecocokan Musik Kamu dengan Pasangan

Kamu bisa tahu seberapa cocok selera musik hingga nilai kecocokan musik dengan fitur Blend.

170
0
Spotify

Selain bunga dan cokelat, di tahun ini kamu bisa mengekspresikan rasa cintamu untuk orang-orang tersayang lewat musik dan audio. Judul-judul lagu seperti “Sial” dari Mahalini, “Kill Bill” oleh SZA, dan “Muak” oleh Aruma jadi trending di Spotify di Indonesia pada hari Valentine kemarin. Enggak cuma itu, kali ini Spotify juga merilis fitur tes kecocokan musik kamu dengan pasangan. Selengkapnya, keep scrolling!

1. Lagu-lagu yang melejit di hari Valentine

Spotify
Ilustrasi playlist Spotify/unsplash

Orang-orang di Indonesia terus mendengarkan lagu-lagu bernuansa soft-pop dan pop-ballad selama Valentine dan beberapa hari setelahnya. Ini terlihat dari tren peningkatan pada lagu-lagu seperti Teristimewa oleh Raisa, No Time To Die oleh Billie Eillish, Stay Alive (Prod. SUGA of BTS) oleh Jung Kook, The Joker And The Queen (feat. Taylor Swift) oleh Ed Sheeran, dan Love Story (Taylor’s Version) oleh Taylor Swift.

Selain Raisa, lagu-lagu ballad lokal lainnya yang juga langsung naik di bulan penuh cinta ini adalah Do You Love Me oleh Stephanie Poetri, Pura-Pura Lupa oleh Mahen, Serpihan Hati oleh Adera, dan Terlanjur Cinta oleh Rossa.

Sementara, beberapa lagu teratas yang melejit secara global di hari Valentine selama lima tahun terakhir antara lain Love Story (Taylor’s Version) oleh Taylor Swift, Let’s Stay Together oleh AI Green, Make You Feel My Love oleh Adele, Your Body is a Wonderland oleh John Mayer, dan Break up with your girlfriend, I’m bored oleh Ariana Grande.

2. Lagu dan artis yang paling banyak didengarkan pada hari Valentine

Spotify
Ilustrasi Spotify x Valentine/shutterstock

Secara global, ada lebih dari 105 juta playlist yang dibuat oleh pengguna di Spotify yang berkaitan dengan cinta. Lagu dari artis-artis yang menggetarkan hati seperti Beyonce, Ed Sheeran, Bruno Mars, John Legend, Taylor Swift, dan Whitney Houston menduduki peringkat teratas pada playlist tersebut.

Di Indonesia, sederet artis dengan lagu pop-ballad seperti Taylor Swift, Ariana Grande, Ed Sheeran, Bruno Mars, dan Justin Bieber menempati peringkat teratas. Beberapa lagu dari musisi di atas juga masuk dalam daftar lagu yang wajib masuk ke playlist tentang cinta, seperti Best Part (feat. H.E.R) oleh Daniel Caesar, Lover oleh Taylor Swift, Perfect oleh Ed Sheeran, Just the Way You Are oleh Bruno Mars, dan All of Me oleh John Legend.

Lagu-lagu hits abadi maupun terbaru dari beberapa penyanyi Indonesia seperti Every Summertime dan I Like U oleh NIKI, I Love You 3000 oleh Stephanie Poetri, dan Sempurna oleh Andra & The Backbone juga enggak terlewat untuk masuk ke dalam playlist.

3. Playlist bertema cinta teratas di Spotify

Tahun lalu, Spotify juga melihat peningkatan lebih dari 90% terhadap pencarian untuk keywords “Valentine” dan “Valentine’s Day” antara tanggal 1 hingga 13 Februari. Tetapi, Spotify merasa gejolak tersebut sudah hadir jauh sebelum itu, dan melihat bahwa aliran “cinta” mulai mengisi tren global, bahkan sejak bulan Desember.

Di Indonesia, ada lebih dari 2.2 juta playlist bertema cinta. Beberapa playlist yang paling banyak didengar antara lain Valentine’s Day Love, Bicara Cinta, dan 90s Love Songs yang berisi deretan lagu cinta yang abadi dari artis lokal dan internasional ternama.

4. Podcast tentang cinta dan hubungan

Spotify
Ilustrasi podcast di Spotify/shutterstock

Selain lagu cinta, hari Valentine rasanya belum lengkap tanpa bercerita soal cinta. Beberapa podcast original dan exclusive di Spotify seperti Rintik Sedu, Kita dan Waktu, Gema Membiru, little talks, dan Bincang Asa dan Rasa terus berada di posisi teratas sebagai podcast yang paling banyak didengarkan selama hari Valentine.

Hari Valentine kali ini, kamu bisa menikmati beragam perasaan campur aduk dari fase honeymoon bersama pasanganmu sampai harus siap-siap move on setelah putus lewat playlist podcast “Kisah Kasih” yang dikurasi secara khusus oleh Spotify, dan tayang setiap hari Jumat.

Sepanjang bulan ini, podcast “Daily Quote Indonesia” juga akan membawa deretan episode bertema cinta untuk para pendengarnya, Mulai 15-28 Februari 2023, penulis sekaligus influencer media sosial Zarry Hendrik bakal mengisi suara untuk episode di tanggal tersebut dengan kutipan cinta favoritnya.

5. Fitur Blend untuk mencari tahu kecocokan

By the way, tahun ini, Spotify juga mengundang kamu dan pasanganmu untuk mengetahui seberapa cocok selera musik hingga nilai kecocokan musik kalian dengan fitur Blend. Fitur ini bisa membuat playlist yang unik, terdiri dari lagu favoritmu dan pasangan.

Fitur Blend Spotify
Fitur Blend x Valentine di Spotify

Cara untuk mencoba fitur Blend adalah sebagai berikut:

  • Membuat

Cari “Blend” di Spotify dan undang teman, kekasih, atau gebetan ke Blend kamu.

  • Jelajahi

Setelah mereka menerima undangan Blend-mu, kamu bisa membuka playlist bersama dan mengetahui nilai kecocokan musik kalian yang dibagi berdasarkan kategori seperti “Discovery Duo”, “Pass the Aux Pair”, dan “Off The Charts”.

  • Bagikan

Pamerkan hasil Blend-mu dengan teman, pasangan, atau gebetan di media sosial.

Fitur Blend dari Spotify ini menarik untuk dicoba, gengs! Kira-kira seberapa cocok kamu dengan pasanganmu, nih?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *