Sebelum Traveling, Ketahui 8 Kategori Barang yang Dilarang Dibawa ke dalam Pesawat

Beberapa kategori barang tersebut termasuk pemotong kuku hingga makanan kaleng.

436
0
Traveling

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, ada sejumlah barang yang sebaiknya tidak kamu bawa. Peraturan ini berlaku untuk penerbangan jarak jauh dan juga dekat.

Sebelum bepergian menggunakan transportasi udara, kamu harus memastikan isi kopermu aman dari barang-barang yang tidak boleh dibawa tersebut. Sebab, pesawat terbang merupakan alat transportasi dengan teknologi yang kompleks.

Tujuan adanya larangan barang bawaan tersebut adalah guna menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang dan kru saat di udara.

Lalu, apa saja barang-barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat? Berikut daftar selengkapnya.

1. Benda tajam

Gunting
Kredit foto: Shutterstock

Larangan membawa benda tajam memang sudah menjadi peraturan umum, termasuk membawanya di dalam ransel, tas, atau koper kabin saat naik pesawat. Benda tajam tersebut antara lain pemotong kuku, pemotong kotak, pemecah es, pisau, golok daging, silet, pedang, garpu, dan gunting dengan mata pisau yang lebih panjang (sekitar 10 sentimeter).

2. Alat olahraga

Stik Golf
Stik Golf/Shutterstock

Ada beberapa alat olahraga yang tidak diperkenankan dibawa ke kabin pesawat. Alat-alat olahraga tersebut termasuk pemukul baseball, tongkat biliar, dayung, stik golf, papan seluncur, dan alat pancing. Alat-alat yang masuk ke dalam kategori olahraga itu dilarang karena berisiko menyebabkan cedera. Akan tetapi, kamu masih bisa menaruhnya di dalam bagasi.

3. Senjata api

Tak hanya benda tajam, senjata api juga dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Senapan, katapel, senjata mainan, suar maupun bubuk mesiu dilarang untuk dibawa di dalam bagasi kabin atau bagasi pesawat.

Saat check in, kamu akan diberi syarat tertentu supaya senjata api bisa masuk ke bagasi.

4. Alat-alat untuk seni bela diri dan keamanan diri

Penumpang tidak diizinkan membawa peralatan bela diri dan keamanan diri ke dalam tas kabin yang ikut dibawa ke pesawat. Namun, para penumpang masih bisa membawa beberapa peralatan bela diri dan keamanan diri, seperti pepper spray, night sticks, stun guns, brass knuckles, dan billy clubs.

5. Produk hewani

Selain benda-benda mati, produk yang dibuat dari bahan hewani juga dilarang. Pasalnya, produk tersebut berisiko mengandung bakteri yang mudah menginfeksi manusia. Maskapai penerbangan melarang penumpang membawa susu dan daging segar, makanan laut, serta aneka produk olahan susu seperti keju, juga makanan kaleng.

Selain produk hewani, selai kacang dan krim keju juga dilarang dibawa ke dalam pesawat jika ukurannya melebihi 100 gram.

6. Lilin jenis gel

Benda lainnya yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat atau tas kabin adalah lilin dengan jenis gel. Akan tetapi, jika penumpang membawa lilin padat, kamu masih bisa memasukkannya ke dalam tas kabin.

7. Peralatan tukang

Alat-alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan pertukangan seperti kapak, palu, bor, mata bor, dan tongkat ternak tidak boleh dibawa. Lalu, gergaji dan alat-alat dengan panjang tujuh inci atau sekitar 10 cm juga tak boleh dibawa ke dalam pesawat. Peralatan tersebut hanya bisa diangkut ke dalam bagasi terdaftar.

Sementara, peralatan yang boleh dibawa ke dalam tas kabin adalah obeng dan kunci pas dengan panjang sekitar 10 cm atau kurang dari itu.

8. Bahan peledak dan benda cair yang mudah terbakar

Bahan peledak, benda cair, hingga bahan kimia yang melumpuhkan diketahui tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Demi keselamatan bersama selama penerbangan, benda tersebut tak boleh diangkut, baik di bagasi kabin maupun bagasi terdaftar.

Contoh bahan peledak yang dilarang antara lain detonator (tutup peledak), dinamit, suar, granat, kembang api, replika bahan peledak, aerosol, bahan bakar apa pun, bensin, gas, korek api, pengencer cat, pemutih, klorin, dan cat semprot.

Benda apa pun yang mudah terbakar dilarang untuk dibawa saat menggunakan alat transportasi udara. Meski begitu, kamu diperbolehkan untuk membawa parfum ke dalam bagasi asalkan beratnya tidak melebihi 100 ml. Aturan ini juga berlaku bagi seluruh perlengkapan kosmetik dan obat-obatan.

Itulah delapan kategori benda yang tak boleh dibawa saat kamu bepergian menggunakan pesawat. Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, sebaiknya hindari barang-barang tersebut untuk dibawa ke dalam pesawat ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *