Sejarah Big Sale 11.11 Ternyata dari Hari Jomlo di Tiongkok

Alih-alih merayakan kesedihan, para jomlo ini mengapresiasi diri lewat belanja.

177
0
11.11 online shopping day

Tanggal 11 November menjadi salah satu hari yang dinantikan para pecinta promo di Indonesia. Bukan tanpa alasan, di tanggal ini banyak e-commerce yang memberikan diskon besar-besaran atau biasa dikenal dengan big sale.

Namun, taukah kamu bahwa sesungguhnya sejarah dari big sale ini berasal dari Negara Tiongkok? Berikut penjelasannya.

Seperti dikutip dari Detik.com, asal muasal dari perayaan 11.11 ini berawal dari momen “Single’s Day” yang dirayakan di Tiongkok sebagai respons dari orang-orang lajang di negara tersebut. Meski belum jelas siapa yang mengawali perayaan tersebut, The Telegraph menyebutkan bahwa mahasiswa lajang di University Nanjing diketahui sebagai yang pertama memulai perayaan “Single’s Day” itu.

perempuan sendirian
Ilustrasi perempuan sendirian/Shutterstock

Sebagai informasi tambahan, masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi ideal status lajang masyarakat Tiongkok. Alih-alih merayakan kesedihan, para mahasiswa ini mengapresiasi diri lewat berbagai macam hal yang menyenangkan di momen 11.11, mulai dari makan enak, karaoke, hingga belanja.

Semarak perayaan ini mulai berbeda pada tahun 2009 sejak perusahaan e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, membuat parade belanja daring dengan banyak diskon yang diperuntukkan bagi para lajang di 11 November 2009.

Sumber foto: Shutterstock

Adapun diskon pertama kali yang diberikan Alibaba di situsnya mencapai transaksi 50 juta yuan atau setara dengan Rp111 miliar saat ini. Besarnya antusiasme warga itu ternyata kini sudah diperuntukkan bagi mereka yang merayakan “Single’s Day” saja, tapi untuk semua orang.

Semarak dari pesta belanja online pada 11.11 ini kini sudah merebak ke berbagai negara, Indonesia salah satunya. Hampir seluruh perusahaan e-commerce yang ada di dalam negeri kini sudah merayakan big sale 11.11 dari beberapa tahun lalu.

Sumber foto: Shutterstock

Pada hari ini, banyak orang yang melakukan transaksi di e-commerce kesayangan mereka. Tidak hanya untuk brand terkenal, produk UMKM juga mendapatkan dampak yang luar biasa dari adanya promo ini.

Kalau kamu OppalGengs, udah Check Out apa aja hari ini?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *