Selamat Hari Ayah Nasional, Terima Kasih Sudah Menjadi yang Terbaik

Seorang ayah bahkan rela berkorban demi masa depan keluarga, terutama anak-anaknya.

202
0
Ayah dan anak

Hari Ayah Nasional selalu dirayakan di Indonesia setiap tanggal 12 November. Hari ini bisa menjadi momen untuk mengucapkan terima kasih kepada ayah atas kasih sayang dan berbagai jasa lainnya. Ini bisa menjadi hari terbaik untuk hubungan ayah dan anak agar saling menjalin tali kasih yang lebih baik kedepannya.

Melansir dari website kemendikbud.go.id, sejarah Hari Ayah Nasional sendiri berawal dari paguyuban lintas agama dan juga lintas budaya tahun 2006 silam, bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Ilustrasi ayah dan anak
Ilustrasi ayah dan anak/Shutterstock

Pada tahun 2004, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan acara Sayembara Menulis Surat untu Ibu. Acara ini cukup menampung banyak peserta dan mengumpulkan 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Namun, saat acara selesai ada beberapa pertanyaan dari peserta yang bertanya tentang kapan Hari Ayah, karena selama ini di Indonesia hanya ada peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Pertanyaan tersebut membuat PPIP ingin mencari tahu kapan sebenarnya Hari Ayah diperingati di Indonesia. Bahkan, sangking ingin tahunya, mereka sampai audiensi ke DPRD Kota Surakarta.

Ilustrasi ayah dan anak perempuannya
Ilustrasi ayah dan anak perempuannya/Shutterstock

Selain menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia, PPIP juga meminta kepada DPRD Kota Surakarta agar memperbolehkan seseorang atau lembaga untuk menetapkan Hari Ayah apabila di Indonesia belum ada. Namun, paguyuban PPIP ini tidak mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan.  

Pada akhirnya, Hari Ayah Nasional ini dideklarasikan oleh PPIP pada tanggal 12 November 2016 di Surakarta, Jawa Tengah, dan Flores. Hal ini membuktikan bahwa ayah merupakan sosok yang sama pentingnya dengan sosok ibu. Seorang ayah bahkan rela berkorban demi masa depan keluarga, terutama anak-anaknya.

Ilustrasi ayah dan anak bermain
Ilustrasi ayah dan anak bermain/Shutterstock

Seorang ayah juga bekerja mencari nafkah tanpa mengenal lelah, ayah mencari nafkah pagi dan malam, apa pun ia lakukan untuk kebutuhan keluarga. Hal ini lah yang membuat peringatan Hari Ayah ini cukup penting untuk mengakui jasa ayah, peranan ayah, perjuangan ayah, dan segala hal baik yang berhubungan dengan sosok ayah.

Selamat Hari Ayah untuk seluruh ayah di Indonesia. Terima kasih sudah menjadi yang terbaik di hidup kami.

Sudah ngucapin dan ketemu ayah belum hari ini? Yuk dilakukan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *