Semangat dan Percaya Diri Bawa Timnas Indonesia U-19 Menang Lawan Vietnam

Insting Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Vietnam dan melaju ke Piala Asia 2023 tahun depan.

230
0
Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Vietnam 3-2 di babak kualifikasi Piala Asia U-20. Hasil ini membawa Garuda Muda lolos ke Piala Asia 2023 yang akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan.

Dalam laga yang diselenggarakan pada Minggu, 18 September 2022 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Indonesia berhasil menang 3-2 atas Vietnam. Laga berjalan sengit sejak awal pertandingan.

Pelatih Kepala Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa kepercayaan diri pemain menjadi kunci utama kemenangan Indonesia pada laga melawan Vietnam. Meski sempat tertinggal dengan skor 1-2, Timnas Indonesia U-20 kemudian mampu bangkit dan membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Source: PSSI

“Para pemain sangat percaya diri sejak laga dimulai,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman PSSI, Senin 19 September 2022. Namun, pelatih asal Korea Selatan ini juga mengatakan kalau para pemain belum bisa fokus sepanjang laga.

“Namun, saya mengakui kalau pemain belum bisa fokus sepanjang laga, sehingga lawan sempat membalikkan keadaan sebelum kami membalikkan skor lagi jadi 3-2,” tambahnya.

Pertandingan kontra Vietnam ini memang berjalan sengit pada babak pertama. Alhasil, kedua tim tidak ada yang mencetak gol sampai peluit panjang babak pertama ditiup. Pada babak kedua, baru lah Marselino Ferdinan mencetak gol pada menit ke-60 lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

Namun, keunggulan Timnas Indonesia U-19 langsung dibalaskan dengan 2 gol dari pemain Vietnam yang masing-masing dicetak oleh gol bunuh diri Muhammad Ferarri dan Dinh Xuan di menit ke-78.

Source: PSSI

Kepercayaan diri yang tinggi dan kerja keras Garuda Muda akhirnya membuahkan hasil di menit ke-85 yang dicetak oleh Rabbani Tasnim lewat sundulan kepala. Skor berakhir 3-2 untuk keunggulan Indonesia dan memantaskan diri berlaga di Piala Asia tahun 2023 mendatang.

Sebagai penutup, Shin Tae-yong mengatakan bahwa instingnya bekerja dengan baik untuk memasukkan tiga orang pemain di babak kedua untuk meraih kemenangan.

“Jadi, starting awal memang sangat bekerja keras sampai fisik mereka menurun di babak kedua, dan memang sebagai pelatih, saya memang ada insting untuk memasukkan tiga pemain. Insting saya bekerja dengan baik, akhirnya kami bisa meraih kemenangan di laga ini, itu artinya kami sudah lebih kuat,” tutupnya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *