Spotify Berinovasi untuk Ciptakan Konten Terbaik Lewat Fitur Original Video Podcast

Spotify meluncurkan fitur baru Original Video Podcast. Peluncuran ini sekaligus mengumumkan tiga konten terbaru bersama Awkarin, Mak Beti dan Putih Abu-abu.

199
0

Spotify meluncurkan fitur baru, yaitu Spotify Original Video Podcast. Peluncuran ini juga sekaligus mengumumkan tiga konten Original Video Podcast terbaru berjudul AMAN AJA Podcast oleh Awkarin, Cerita Mak Beti dari comedian Mak Beti, dan Podkes Abu-abu oleh sextet yang manis dan jenaka, Putih Abu-abu.

Ketiga podcast tersebut diluncurkan untuk menambah jajaran video podcast yang sebelumnya telah diumumkan pada Juli 2022, dan sudah tersedia untuk ditonton, serta didengarkan oleh pengguna Spotify di Indonesia.

Selain itu, masing-masing Spotify Original Video Podcast ini juga telah dikuratori dan direncanakan secara cermat lewat kolaborasi antara pembuat konten dan Spotify. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan konten terbaik di antara yang terbaik yang ada di Indonesia saat ini, serta bagi para pendengar Spotify di Tanah Air.

Lewat AMAN AJA, Cerita Mak Beti, dan Podkes Abu-abu, pendengar bisa menonton dan mendengarkan beragam topik penting, tapi juga tetap menghibur tentunya, seperti tentang kedewasaan, hubungan percintaan, serta potret realitas kehidupan sehari-hari masyarakat pinggiran kota.

Di samping itu, Head of Studios, Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan, launching video podcast di Indonesia merupakan langkah menyemangatkan, sekaligus menggaet para kreator bertalenta.

“Memperkenalkan video podcast di Indonesia tahun ini merupakan Langkah yang sangat menyemangatkan kami, terlebih lagi dengan diperkenalkannya tiga Spotify Original terbaru bersama para kreator yang bertalenta. Bahkan, faktanya, podcast ini adalah set Spotify Original pertama yang kami kembangkan untuk format video podcast di seluruh dunia. Kami sangat senang hal ini terjadi di Indonesia. Hal ini sungguh menunjukkan komitmen kami untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia, dan secara bersamaan, memperluas deretan konten Spotify untuk dinikmati pendengar kami,” Kata Carl Zuzarte, Head of Studios, Southeast Asia.

Nantinya, para kreator, Awkarin, Mak Beti, dan Putih Abu-abu bakal bergabung dengan jajaran podcaster veteran dan kenamaan Spotify Original, seperti Rintik Sedu, PODKESMAS, Mizter Popo (Do See What I See?), dan masih banyak lainnya. Menariknya, ini menjadi pengalaman pertama bagi beberapa di antara mereka untuk terjun ke dalam dunia podcasting.

“Berkarya di Spotify dan membuat konten audio adalah pengalaman baru bagi kami. Produksi podcast yang dijalankan dengan sangat rapi dan serius bisa jadi jauh lebih sulit daripada yang terlihat. Namun, berkat dukungan Spotify, kami berkesempatan untuk belajar tentang pembuatan konten yang end-to-end dari kreator lain dan lewat fitur-fitur yang ada di Spotify. Dengan kolaborasi ini, kami berterima kasih kepada Spotify yang telah membantu untuk membuka potensi kami sepenuhnya melalui acara Podkes Putih Abu-abu,” kata Karin, salah satu personel Putih Abu-abu.

Sama halnya dengan Putih Abu-abu, komedian dibalik tokoh Mak Beti, Arif Muhammad, juga menunjukkan kegembiraannya, karena bisa terlibat dalam proyek ini. Dirinya mengaku sudah sejak lama ingin mengeksplorasi format audio-first di dalam kontennya.

Sedangkan, bagi Karin Novilda, proyek ini berhasil memikat hatinya, karena set produksinya yang luar biasa dan mampu mewujudkan kepribadiannya, serta inti acara podcast-nya secara utuh. Lewat AMAN AJA Podcast, wanita yang akrab dikenal Awkarin ini ingin pendengar dan pembicara tamu memiliki ruang yang aman untuk menceritakan sisi cerita mereka.

“Dengan AMAN AJA, gue ingin membuat platform di mana setiap cerita yang diceritakan itu sejujur mungkin dan apa adanya,” ujar Karin.

Pendengar sudah bisa menikmati AMAN AJA Podcast, Cerita Mak Beti, dan Podkes Abu-abu hanya di Spotify. Acara-acara ini akan merilis dua episode per minggu, dan juga menampilkan tamu spesial setiap bulannya untuk Cerita Mak Beti dan Podkes Abu-abu.

Podcast ini tersedia dalam format Video Podcast, yang merupakan inovasi format terbaru dari Spotify yang memungkinkan pendengar di Indonesia untuk terhubung lebih dalam dengan konten yang mereka dengarkan dengan menonton Video Podcast tanpa repot-repot berpindah aplikasi dari Spotify.

Tak hanya itu, Spotify juga mengeluarkan fitur baru lainnya, yaitu Q&A dan Polls. Lewat fitur ini, kreator konten bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pendengarnya. Fitur ini juga memungkinkan kreator untuk mengajukan pertanyaan berbasis teks yang akan muncul ke tampilan pendengar di aplikasi Spotify, sehingga bisa menciptakan koneksi langsung antara pendengar dan kreator.

Pengguna Spotify juga bisa menonton dan mendengarkan acara podcast terpopuler yang hanya ada di Spotify, seperti Spotify Original dan Exclusive PODKESMAS, Rintik Sedu, Do You See What I See, Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, The Friday Podcast (MAKNA Talks), Suara Puan, Mendoan, Box2Box Football, Podcast Bagi Horror, Little Talks, Podcast Ancur, Cape Mikir with Jebung, Gema Membiru, SelfDev (Pengembangan Diri), dan lainnya.

Pengguna Spotify juga dapat menikmati ”video background-play” yang memberikan pengalaman unik, yakni berganti dari menyaksikan Video Podcast secara aktif (dengan tampilan video layar penuh) ke mendengarkan secara pasif (dengan tampilan video di belakang layar utama ponsel), tanpa gangguan, dan tentunya secara gratis.

Nice move, Spotify!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *