Supaya Kamu Dinotice, Ini Bocoran dari HRD soal CV yang Disukai

Jangan-jangan selama ini kamu salah bikin CV gengs, coba baca lengkapnya di sini.

136
CV

CV atau Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen penting saat kamu akan melamar pekerjaan. CV juga menjadi catatan tentang skill dan pengalaman kamu selama berada di dunia professional.

Tapi, terkadang kita juga masih suka salah dalam membuat CV. Bahkan, informasi yang tidak penting masih suka kita masukkan sebagai informasi di dalam Curriculum Vitae. Oppal mendapatkan kesempatan mewawancarai seorang HR Consultant dari PROACT, Mas Andrew Sonda.

Mas Andrew menjelaskan bahwa CV yang menarik itu berisikan data yang jelas, pada umumnya berisikan nama lengkap sampai dengan pengalaman bekerja.

Contoh orang yang sedang membuat CV/Unsplash

“CV yang menarik menurut HRD itu menyajikan data kandidat dengan jelas. Meskipun sifatnya beragam, namun pada umumnya berisi nama lengkap, alamat, TTL, foto, status (apakah sudah berkeluarga atau belum), lulusan dari kampus atau sekolah mana, pengalaman bekerja, dan scope of work,” ucap Mas Andrew Sonda kepada Oppal, Jumat (31/3).

Lebih jauh, Mas Andrew juga memberikan tips kepada para pelamar untuk tidak menggunakan background yang begitu kontras ketika membuat CV. Karena HRD butuh waktu beberapa menit untuk menilai apakah CV yang diterima itu cocok dilanjutkan atau tidak.

Ilustrasi CV/Unsplash

“Tidak menggunakan background yang kontras, karena pada dasarnya HRD butuh beberapa menit untuk menilai awal apakah CV ini cocok untuk dilanjutkan atau tidak. Ini tidak sepenuhnya benar, namun seringkali terjadi,” ucap Mas Andrew.

Pertanyaan berikutnya adalah apa yang dilihat HRD pertama kali dari sebuah CV? Menjawab pertanyaan itu, Mas Andrew Sonda berkata HRD akan melihat riwayat pekerjaan apakah cocok dengan pekerjaan yang dilamar.

Ilustrasi CV/Unsplash

“Apa yang pertama kali dilihat HRD ketika menerima CV adalah melihat riwayat pekerjaan apakah cocok dengan yang dilamar. Baru kemudian melihat standar requirement yang dibutuhkan terpenuhi atau tidak. Contoh, HR sedang mencari laki-laki, menikah, usia maks 35 tahun, salary apakah masih masuk range, domisili, jenis produk di perusahaan sekarang dengan perusahaan saat ini apakah mirip,” tambah Mas Andrew menjelaskan.

Pria yang sudah berkecimpung di dunia HR selama kurang lebih 10 tahun ini juga memberikan tipsnya ketika pelamar akan membuat CV.

“Membuat CV yang menarik menurut saya adalah CV yang mampu menjawab kebutuhan HR. Kurang lebih isinya adalah informasi pribadi yang cukup jelas, nama, alamat, usia. Selain itu, dalam CV juga harus ada profil singkat yang menggambarkan diri, di sini bisa menjelaskan pengalaman kerja, kompetensi yang dimiliki, dll,” kata Mas Andrew.

Baca juga: “Ini Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Upload CV ke Media Sosial

“Menjelaskan achievement apa saja yang pernah diraih. Menulis pengalaman kerja disertai dengan jobdesc-nya (disesuaikan dengan level jabatannya, contoh level manager tidak perlu menulis sampai dengan pekerjaan administratif, cukup menuliskan pekerjaan strategic yang pernah dilakukan),” tutup Mas Andrew dalam percakapan yang dilakukan lewat pesan singkat itu.

Sekarang kamu udah tahu kan gengs gimana caranya nulis CV yang bikin HRD jatuh cinta?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.