Tidak Punya Gunung Api, Pulau Kalimantan Ternyata Banyak Lokasi Wisata Menarik

Kamu dan keluarga dijamin tidak akan bosan ketika berkunjung ke daerah ini.

216
0
lokasi wisata

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia dengan luas wilayah 1.904.569 kilometer persegi. Hal ini tentu membuat Indonesia dianugerahi berbagai macam kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan memiliki banyak lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Namun, ada satu fakta unik tentang salah satu pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan. Meski pulau ini tidak memiliki gunung api, namun di dalamnya tersimpan banyak sekali wisata lokal yang menarik dan bisa dijadikan rekomendasi tujuan wisata akhir tahun kamu bersama keluarga.

Siapapun yang berkunjung ke Pulau Borneo ini tidak akan pernah merasa bosan karena memiliki berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi dan berbeda dengan lokasi wisata lain. Kamu dan keluarga dijamin tidak akan bosan ketika berkunjung ke daerah ini.

Pasar Terapung Lok Baintan

lokasi wisata

Pasar Terapung Lok Baintan ini terletak di Kalimantan Selatan dan sesungguhnya sudah ada sejak dulu. Untuk kamu yang lahir di tahun 1980 dan 90-an, pasti mengetahui dengan ikon iklan televisi yang menampilkan seorang nenek berada di sebuah sampan di atas sungai dan menunjukkan jari “oke”. Iklan tersebut diambil di lokasi wisata Pasar Terapung Lok Baintan ini dan cukup terkenal di zamannya.

Pasar dengan nama lain Pasar Terapung Sungai Martapura ini merupakan salah satu tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu mereka. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal karena di sini mereka akan melakukan transaksi berbelanja yang sudah ada sejak dahulu.

Baca juga: Indonesia Negara Terindah di Dunia

Taman Nasional Tanjung Puting

lokasi wisata

Pulau Kalimantan memang terkenal dengan lokasi hutan hujan tropis yang begitu banyak dan menjadi salah satu tempat berkembangnya berbagai macam satwa liar. Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satunya yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Jika kamu sedang beruntung, maka kamu akan bertemu dengan beruang, rusa, bekantan, dan kucing liar yang biasa memang berada di lokasi ini.

Baca Juga: Spot Menyelam Paling Indah di Indonesia

Goa Haji Mangku atau Goa Biru

lokasi wisata

Goa Haji Mangku atau yang biasa dikenal sebagai Goa Biru memiliki keindahan yang tidak ada duanya. Danau yang memiliki keindahan air berwarna biru ini masih terlihat asri dengan berbagai macam tumbuhan hijau yang ada di sekitarnya. Goa ini terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Pulau Maratua. Siapapun yang datang ke sini pasti akan terpesona dengan keindahan dan warna airnya yang biru bak berenang di dalam akuarium.

Danau Labuan Cermin

lokasi wisata

Keindahan alam lainnya dari Pulau Kalimantan bernama Danau Labian Cermin. Danau dengan ir yang jernih ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Labuan Cermin sangat cocok untuk kamu untuk melepaskan penat dan melakukan relaksasi.

Suasana yang asri serta sejuk membuat danau yang satu ini menjadi lokasi wisata wajib untuk dikunjungi dan sering didatangi oleh berbagai macam turis, baik lokal maupun Internasional.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *