Today in History: Burj Khalifa Dibuka untuk Umum Tahun 2010

Ada banyak hari besar yang dibuat untuk menghargai jasa para manusia di baliknya.

178
0
Today in History

Berbagai macam peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 4 Januari setiap tahunnya. Ada banyak hari besar yang dibuat untuk menghargai jasa para pembuatnya sehingga bisa dinikmati oleh orang banyak pada hari ini.

Salah satu contohnya adalah tanggal 4 Januari diperingati sebagai Hari Braille Internasional. Peringatan hari ini untuk mengenang jasa Louis Braille yang menemukan huruf braille dan berdampak besar bagi para penderita tunanetra di seluruh dunia.

via GIPHY

Selain itu, ternyata hari ini juga menjadi hari dimana mobil listrik asal Amerika pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Makin penasaran ada hari bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History“.

Hari Braille Sedunia

Ilustrasi huruf braille / Shutterstock

Tanggal 4 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Braille Sedunia. Hari ini juga menjadi hari ulang tahun dari penemu huruf Braille, Louis Braille. Temuan dari Louis ini memberi dampak yang luar biasa bagi penderita tunanetra di seluruh dunia.

Hari Braille sedunia ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak tunanetra untuk mendapatkan standar hak asasi manusia yang sama dengan orang lain. Hari ini juga sudah ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dan mulai diperingati sejak 2018 silam.

Terima kasih Louis Braille sudah memberikan peninggalan positif bagi teman-teman tunanetra di seluruh dunia.

Hari Hipnotisme Sedunia

Ilustrasi seseorang yang sedang dihipnotis / Shutterstock

Hipnotis ternyata memiliki tujuan positif di dalamnya dan tidak melulu dikaitkan dengan hal negatif. Pada tanggal 4 Januari selalu diperingati sebagai Hari Hipnotisme Sedunia. Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk mempromosikan manfaat dan peran hipnotis bagi kesehatan.

Hipnotis bisa membantu mengatasi stres dan luka batin yang menjadi pemicu munculnya gangguan psikosomatik pada pasien. Jadi, jangan melulu menganggap hipnotis sesuatu yang negatif ya ,gengs.

Burj Khalifa Pertama Kali Dibuka untuk Umum

Foto Burj Khalifa / Shutterstock

Pada tanggal 4 Januari 2010, gedung tertinggi di dunia yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab, Burj Khalifa, dibuka pertama kali untuk umum. Pembukaan ini dilakukan dengan cukup meriah dengan pesta kembang api yang spektakuler.

Burj Khalifa merupakan bangunan gedung yang memiliki tinggi 828 meter dan dikerjakan selama kurang lebih 1.325 hari atau 3,5 tahun. Burj Khalifa juga dianggap sebagai mercusuar kemajuan dan lambang Timur Tengah yang baru, dinamis, dan makmur.

Mobil Listrik Asal Pabrikan Amerika Dirilis

Foto mobil listrik GM EV1 / setrum.com

Pada 4 Januari 1996, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors mengumumkan untuk meluncurkan mobil listrik bernama EV1. Ketika memulai debut, mobil ini hanya diluncurkan di dua negara bagian, Arizona dan California, peruntukannya pun hanya disewakan bukan diperjualbelikan.

Baca Juga: “Today in History: Apple Berdiri, Sampai Kelahiran Jisoo Blackpink

Selama tahun produksi dari 1996 sampai dengan 1999, sekitar 2.500 mobil EV1 sudah diproduksi. Akibat dari banyaknya mobil EV1 beredar di California pada saat itu, pada akhirnya kota tersebut sempat mencapai nol-emisi pada tahun 2002.

Ternyata dampak dari mobil listrik ini bagus banget ya, gengs untuk bumi kita. Apakah kamu juga sudah memakai mobil listrik?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *