Today in History: Film di Bioskop Pertama Kali Tayang 127 Tahun Lalu

Selain itu, hari ini juga kelahiran musisi John Legend dan pertama kalinya bayi tabung lahir di Amerika Serikat.

166
0
Bioskop Klasik

Tiga hari menjelang pergantian tahun, pada tanggal 28 Desember ada beberapa peringatan hari bersejarah yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat dunia. Hari ini juga menjadi sejarah penting bagi film bioskop yang saat ini menemani kita di kala rasa bosan datang. Pasalnya, film bioskop pertama kali tayang di Prancis pada tahun 1895 atau 127 tahun lalu.

Selain itu, bayi tabung juga pertama kalinya dilahirkan di Amerika Serikat hari ini.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Bank Indonesia Rilis Uang Pecahan Rp100, Rp500, Rp1000 di Tahun 1992

Penampakan uang pecahan Rp100 / goodnewsfromindonesia

Pada tanggal 28 Desember 1992, Bank Indonesia (BI) resmi menerbitkan tiga uang pecahan baru, yaitu Rp100, Rp500, dan Rp1000. Lebih menarik adalah tiga uang pecahan ini tidak memakasi benang pengaman di dalamnya.

Jenis pengaman yang digunakan pada saat itu adalah watermark logo garuda Pancasila. Ketiga uang ini memiliki desain gambar warna yang cukup ikonis sampai pada hari ini. Pada uang Rp100 misalnya, ada gambar Gunung Anak Krakatau dan Perahu Pinisi.

Pada uang Rp500, ada gambar orang utan beserta dengan rumah adat Kalimantan Timur. Sedang pada pecahan Rp1000, diisi dengan gambar tradisi Lompat Batu Pulau Nias dan keindahan pemandangan Danau Toba di Sumatra Utara.

Film Komersil Pertama Kali Tayang di Prancis

Ilustrasi menonton bioskop
Ilustrasi menonton bioskop/Shutterstock

Hari ini, 28 Desember menjadi hari bersejarah bagi industri bioskop dunia. Pasalnya pemutaran film komersial pertama kali dilakukan di Grand Café, Paris, Prancis, tepat pada tanggal 28 Desember 1895. Film yang diputar ini mengisahkan tentang kehidupan orang-orang Prancis pada masa itu.

Pemutaran film ini yang menjadi cikal bakal bioskop yang berkembang pesat sampai pada saat ini. Louis dan Auguste Lumiere bersaudara adalah orang di balik pemutaran gambar bergerak pertama kepada 33 orang yang menonton secara berbayar pada saat itu.

Alat yang digunakan untuk memutarkan gambar pada saat itu adalah hasil penemuan mereka sendiri, dengan nama Cinematographe yang terdiri dari kamera, proyektor, dan printer 3 in 1.

Hari Kelahiran John Legend

Foto John Legend / Shutterstock

John Legend lahir di Springfield, Ohio, Amerika Serikat, 28 Desember 1978. Pria ini terlahir dengan nama John Stephens yang kini kita kenal sebagai seorang pianis dan penyanyi dengan genre musik soul.

John Legend mengeluarkan album debut perdananya “Get Lifted” di tahun 2004. Tak disangka, lagu-lagu yang ada di dalam album tersebut membawa nama John Legend terbang tinggi hingga mendapatkan enam piala pada ajang Grammy Awards 2006.

Terakhir, John Legend mengeluarkan lagu dan melakukan featuring dengan Faouzia dengan judul “Minefields” dan sudah diputar sebanyak 119 juta kali di YouTube.

Bayi Tabung Pertama Lahir di Virginia, Amerika Serikat

Ilustrasi bayi tabung / Shutterstock

Kabar baik datang dari dunia kedokteran pada 28 Desember 1981. Pasalnya, anak bayi tabung pertama lahir di Virginia, Amerika Serikat, tepat pada hari ini. Hal ini dianggap sebagai suatu keajaiban pada waktu itu, namun hal itu saat ini menjadi suatu yang biasa saja.

Fertilisasi in-vitro atau bayi tabung adalah proses di mana dokter membuahi sel telur di luar tubuh wanita dan menanamkan embrio yang sedang berkembang di dalam rahim. Dengan car aini, wanita dengan saluran tuba yang rusak atau hilang, yang membawa sel telur yang telah dibuahi dari ovarium ke rahim, dapat hamil.

Baca Juga: “Today in History: The Beatles Rilis Lagu Teranyar, Sampai Apollo 8 Kembali ke Bumi

Penelitian ini menjadi ilmu yang banyak dipakai saat ini jika pasangan suami-istri memiliki kendala untuk pembuahan anak. Siapa yang baru tau tentang sejarah ini? Hehehe.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *