Today in History: Hari AIDS Sedunia, Sampai Hari Ultah Im Si-wan

136
0

Today in History” akan memberikan peristiwa sejarah yang terjadi di dalam negeri dan dunia setiap harinya. Untuk hari ini, 1 Desember menjadi peringatan dari peristiwa sejarah tersebut. Tidak hanya itu, ada pula beberapa tokoh penting dan aktor/aktris terkenal di dunia yang merayakan hari ulang tahunnya pada 1 Desember.

Lantas, ada peristiwa apa saja yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari AIDS Sedunia

Ilustrasi Hari AIDS Sedunia / shutterstock

Hari AIDS Sedunia selalu diperingati di seluruh negara pada tanggal 1 Desember. Hari ini didedikasikan bagi para korban yang meninggal akibat penyakit ini. Jauh dari pada itu, Hari AIDS Sedunia memiliki tujuan untuk menyebarkan kesadaran kepada masyarakat bahwa penyakit yang disebarkan oleh virus HIV ini tergolong berbahaya dan masyarakat patut berhati-hati agar terhindar dari virus tersebut.

Selain itu, peringatan hari ini juga memiliki pesan untuk mendukung orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Hari AIDS pertama kali diperingati pada 1988, dan hari ini menjadi hari kesehatan pertama yang diperingati secara global.

Pada hari ini, Badan Organisasi PBB yang menangani kasus AIDS (UNAIDS) juga menyoroti masalah ketidaksetaraan yang terus terjadi kepada penderitanya. UNAIDS mendesak seluruh pihak untuk mengatasi diskriminasi dan ketidaksetaraan yang justru dapat menghambat upaya mengakhiri AIDS.

Hari Tanpa Seni

Ilustrasi Hari Tanpa Seni / shutterstock

Hari Tanpa Seni atau Day Without Art jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Hari ini juga lahir bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia. Hari ini dimulai di Amerika Serikat pada 1 Desember 1989 untuk menyoroti dampak AIDS pada komunitas seni dan upaya untuk memerangi penyakit ini.

Pada zaman sekarang ini, Hari Tanpa Seni ini menjadi gerakan global yang melibatkan ribuan seniman dan anggota masyarakat di seluruh dunia. Untuk merayakan hari ini, biasanya para seniman dan lembaga seni menutup pintu, meredupkan lampu, dan menutupi karya mereka sementara waktu, kemudian menggantinya dengan poster atau fakta tentang AIDS untuk mendukung para penderita AIDS.

Hari Ulang Tahun Aktor Im Si-wan

Im Si-wan
Sumber foto: Instagram @yim_siwang

Im Si-wan, aktor ternama asal Korea Selatan, merupakan salah satu personel boyband bernama ZE:A yang juga beranggotakan aktor Park Hyun-sik. Pria yang akrab dengan nama panggung Siwan ini lahir di Busan, Korea Selatan. Im Si-wan memiliki nama panggung Siwan dan sudah aktif di industri hiburan Korea sejak 2012 silam dengan membintangi serial drama Moon Embracing the Sun.

Im Si-wan juga mendapatkan beberapa penghargaan, termasuk Excellence Award, Actor in a Miniseries dalam APAN Star Awards pada 2015 silam. Siwan juga telah membintangi beberapa serial drama Korea yang cukup terkenal yaitu Run On sebagai Ki Seon-gyeom.

Hari Kelahiran Zoë Kravitz

Zoe Kravitz / Shutterstock

Zoë Isabella Kravitz adalah seorang aktris asal Amerika Serikat yang lahir pada 1 Desember 1988. Anak dari Lenny Kravitz dan Lisa Bonet mengawali kariernya di dunia akting dengan mendapat peran dalam film No Reservations tahun 2007.

Karier Zoë terus meningkat sampai pada akhirnya ia muncul dalam video klip Jay Z bertajuk I Know. Kravitz juga pernah membintangi film X-Men: First Class dengan menjadi Angel Salvadore, seorang mutan remaja yang memiliki kemampuan insectoid.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *