Today in History: Hari Bakti Transmigrasi Sampai Kelahiran “Robin Hood” Indonesia

Peringatan hari besar penting untuk diingat oleh generasi muda saat ini.

169
0
Today in History

Tanggal 12 Desember menjadi salah satu peringatan hari-hari besar yang ada di Indonesia maupun dunia. Peringatan hari besar ini dianggap penting untuk menjaga sejarah bangsa dan dunia agar tetap diingat oleh generasi muda saat ini.

Tepat pada hari ini, ada peringatan Hari Bakti Transmigrasi yang sudah ada sejak 1950 silam. Hari ini memiliki fokus pada peringatan transmigrasi yang pertama kali dimulai pada 12 Desember 1950.

Lantas, ada peringatan apa lagi yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Bakti Transmigrasi

Foto masyarakat yang melakukan Transmigrasi / Shutterstock

Pada tanggal 12 Desember setoap tahunnya diperingati sebagai Hari Bakti Transmigrasi Nasional. Tepat 72 tahun lalu di tanggal 12 Desember 1950, transmigrasi pertama kali dimulai dengan memberangkatkan 25 Kepala Keluarga (KK) ke daerah Lampung dan Lubuk Linggau di Sumatra Selatan.

Tepatnya, sebanyak 23 KK diberangkatkan ke Lampung dan 2 KK ke Lubuk Linggau. Oleh karenanya, sampai pada saat ini daerah Lampung dan Lubuk Linggau terkenal oleh orang-orang luar Sumatra yang berada di sana.

Bahkan, di salah satu daerah di Lampung ada sebuah kampung yang dinamakan Kampung Bali dan daerah Pringsewu yang ditempati oleh mayoritas suku Jawa.

Hari Kelahiran Donald Pandiangan, Robin Hood Asal Indonesia

Foto Donald Pandiangan (Paling Kiri) / @kiddofiston

Donald Pandiangan merupakan salah satu legenda atlet Indonesia di cabang olahraga panahan. Beliau juga menjadi orang Indonesia pertama yang meraih medali di ajang Olimpiade pada tahun 1988.

Donald Djatunas Pandiangan lahir di Sidikalang, Sumatra Utara, pada 12 Desember 1945. Donald terbilang cukup telat untuk jatuh cinta pada dunia panahan, yaitu pada usia 25 tahun. Namun, hal itu tidak membuat “Robin Hood” asal Indonesia menyerah, bahkan ia menghabiskan waktunya untuk berlatih tanpa lelah.

Pada pelaksanaan PON IX 1977 di Jakarta, Donald memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70 meter. Ia juga menjadi peraih medali emas berkali-kali di tahun 1977 dan 1987 pada ajang SEA Games.

Selamat ulang tahun legend. Terima kasih sudah membawa nama Indonesia ke kancah Internasional.

Hari Jaminan Kesehatan Dunia

Ilustrasi Hari Jaminan Kesehatan Internasional / Shutterstock

Hari Jaminan Kesehatan Dunia selalu diperingati pada tanggal 12 Desember sejak 2017 silam. Hari yang dicanangkan oleh PBB ini memiliki tujuan untuk mempromosikan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi seluruh umat manusia di dunia.

Hari Jaminan Kesehatan ini menjadi seruan bagi semua negara untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan dan mudah diakses oleh seluruh rakyatnya. Hal ini juga harus menjadi pengingat untuk di Indonesia sendiri.

Semoga semua Warga Negara Indonesia dari berbagai macam kalangan bisa mendapatkan akses kesehatan yang baik dengan adanya peringatan Hari Jaminan Kesehatan pada 12 Desember.

Hari Kelahiran Seungri BIGBANG

Foto Seungri – BIGBANG / @seungriseyo_official

Seungri memiliki nama asli Lee Seung Hyun. Ia lahir pada 12 Desember 1990 di Gwangju, Korea Selatan. Seunghi memulai karirnya di dunia entertainment Korea Selatan dengan mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh YG Entertainment.

Dari sini lah awal Seungri masuk ke dalam grup BIGBANG dan melakukan debut pada 2006 silam bersama beberapa personel grup lainnya seperti Taeyang, Daesung, dan G-Dragon. Seugri juga memasuki dunia peran dan membintangi beberapa film terkenal seperti Lights and Shadow, Kindaichi Shonen no Jikenbo, dan Angel Eyes.

Karir cerah Seungri harus terhenti karena isu beberapa kasus yang sedang ia jalani. Namun, di balik itu semua Seungri merupakan sosok yang berbakat dengan kemampuan yang ia miliki. Kini, Seungri sedang menjalani wajib militernya yang baru saja dimulai pada 2020 lalu.

Baca Juga: “Today in History: Hari Antikorupsi Sedunia dan Kelahiran Minho SHINEE

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *