Today in History: Hari Jadi Jawa Timur, Hingga Christopher Columbus Mendarat di Benua Amerika

12 Oktober menjadi hari perayaan beberapa peristiwa menarik, salah satunya adalah perayaan Hari Museum Nasional. Berikut Today in History.

196
0
Today in History

12 Oktober menjadi hari perayaan beberapa peristiwa menarik di dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah Christopher Columbus berhasil berlayar menyeberangi Samudra Atlantik dan tiba di Benua Amerika pada 12 Oktober 1492. Selain itu, ada juga perayaan Hari Museum Nasional. Lantas, apa lagi peristiwa sejarah yang terjadi pada 12 Oktober setiap tahunnya? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Jadi Jawa Timur

Jawa Timur merayakan hari jadi setiap tanggal 12 Oktober, provinsi yang memiliki Ibu Kota Surabaya ini resmi berdiri berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 1950. Usai Indonesia merdeka, ada 8 provinsi yang ada di tanah air, dan Jawa Timur adalah salah satu di antaranya.

Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur adalah R. Soerjo yang juga kini dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional. Pada tanggal 20 Februari 1948, Madura membentuk negara sendiri diikuti oleh Jawa Timur. Namun, kedua negara ini kemudian resmi bergabung dengan Republik Indonesia Serikat.

Negara Jawa Timur resmi dibubarkan dan bergabung ke dalam Republik Indonesia pada tanggal 25 Februari 1950 dan tanggal 7 Maret 1950 Negara Madura memberikan pernyataan yang sama. Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 1950, dibentuk Provinsi Jawa Timur.

Hari Museum Nasional

Hari Museum Nasional selalu diperingati pada tanggal 12 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini termasuk salah satu momen penting nasional di bulan Oktober. Ditetapkannya hari ini berawal dari kegiatan diskusi di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman pada April 2015 dan membahas tentang peringatan Hari Museum Nasional.

Diskusi ini kemudian berlanjut pada Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pada tanggal 26-28 Mei 2015 di Kota Malang, Jawa Timur. Peserta yang ada di dalam musyawarah ini mengusulkan tanggal penetapan Hari Museum Nasional pada 12 Oktober. Pemilihan tanggal ini berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) tanggal 11 Oktober-14 Oktober 1962 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Christopher Columbus Mendarat di Benua Amerika

Christopher Columbus merupakan salah satu penemu Benua Amerika. Perjalanannya dimulai ketika berlayar dari Genoa, Italia dan tiba di Benua Amerika pada 12 Oktober 1492. Christopher merupakan seorang penjelajah dan pedagang.

Saat dirinya mendarat di Karibia, Benua Amerika, Columbus mengira dirinya sedang berada di India. Padahal, saat itu Columbus sedang berada di Amerika. Perjalanan Columbus ini didanai oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *