Today in History: Hari Menanam Pohon Nasional Hingga Kelahiran Persija Jakarta

Beragam peristiwa bersejarah terjadi setiap tanggal 28 November.

145
0
Today in History

Beragam peristiwa bersejarah terjadi setiap tanggal 28 November. Mulai dari peristiwa di dalam negeri sampai dengan perayaan hari ulang tahun tokoh-tokoh nasional dan Internasional.

Pada hari ini, tepat tanggal 28 November di dalam negeri merupakan peringatan Hari Menanam Pohon Nasional. Hari ini dibuat untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Lantas, ada perayaan apa lagi yang ada pada 28 November hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Menanam Pohon Nasional

Ilustrasi menanam pohon / shutterstock

Tanggal 28 November setiap tahunnya merupakan Hari Menanam Pohon Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008. Hari nasional ini dibuat untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Pohon dinilai sebagai makhluk hidup yang bisa menjaga suhu bumi agar tetap dingin, menyerap karbon, dan menyaring polusi udara. Pohon juga dapat memitigasi bencana alam dengan membantu menjaga perbedaan cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran pantogen antara hewan dan manusia.

Kemampuan pohon untuk menyerap zat CO2 juga dinilai sangat efektif untuk mengatasi perubahan iklim. Selamat Hari Menanam Pohon Nasional, kiranya bumi kita bisa terjaga dengan banyaknya pohon yang ditanam.

Hari Dongeng Nasional

Foto Pak Raden / facebook Pak Raden

Perayaan Hari Dongeng Nasional diperingati di dalam negeri tidak terlepas dari salah seorang legenda Dongeng Indonesia Drs. Suyadi atau biasa disapa dengan Pak Raden. Tanggal 28 November merupakan hari kelahiran dari legenda tersebut.

Pak Raden juga sudah menginspirasi banyak orang karena kecintaannya pada anak-anak, cerita, dan lagu. Sepanjang hidup, beliau sudah banyak berkontribusi untuk menghadirkan dongeng di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Dongeng Nasional dan selamat ulang tahun, Pak Raden.

Hari Kelahiran Persija Jakarta

Persija Day
Persija Day/@Persija_Jkt

Persija Jakarta merupakan salah satu klub sepak bola Indonesia yang memiliki sejarah panjang untuk bisa eksis seperti sekarang. Melansir dari persija.id, klub ini didirikan oleh Soeri dan Alie pada tahun 1928 silam dengan nama awal Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ). Berdirinya VIJ ini juga menjadi wadah berkumpulnya klub sepak bola nasionalis Batavia pada waktu itu.

Nama VIJ kemudian berubah nama menjadi Persija pada tahun 1950 dengan ketua Jusuf Jahja. Pada tahun 1950, Persija banyak diisi oleh pemain nasional seperti Tan Liong Houw, Chris Ong, Thio Him Tjiang, Van der Vin, sampai dengan Van der Berg.

Baca Juga: “Today in History: Hari Evolusi, Sampai Kelahiran Musisi Tom Odell

Fakta lain dari Persija adalah menjadi salah satu pencetus dari lahirnya PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) pada 19 April 1930. Klub dengan julukan Macan Kemayoran ini menjadi salah satu klub tersukses di Liga Indonesia dengan koleksi 11 gelar sepanjang perjalanan karirnya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Selamat Ulang Tahun Persija Jakarta. Doa terbaik untuk “Macan Kemayoran” kebanggaan warga Jakarta!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *