Today in History: HUT Marinir, Hingga Kelahiran Jake ENHYPEN

Ada peristiwa menarik juga terjadi hari ini. Penasaran? Selengkapnya dalam “Today in History”.

262
0
Today in History

Tanggal 15 November menjadi hari bersejarah bagi beberapa negara. Selain itu, pada tanggal ini juga lahir beberapa tokoh terkenal baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk di dalam negeri sendiri, pada hari ini tepat diperingati hari jadi Korps Marinir Angkatan Laut. Korps baret ungu ini merupakan salah satu pasukan elit di tiga matra yang dimiliki oleh TNI.

Tidak hanya itu, beberapa peristiwa menarik juga terjadi hari ini. Penasaran? Selengkapnya dalam “Today in History”.

HUT Korps Marinir

Sunber foto: Shutterstock

Korps Marinir TNI Angkatan Laut merayakan hari ulang tahunnya di setiap tanggal 15 November. Korps elit Angkatan Laut ini lahir di Tegal, Jawa Tengah, pada 15 November 1945. Komandan pertamanya adalah Mayor Laut Agus Subekti.

Pada waktu itu, pasukan ini merupakan salah satu pasukan yang paling ditakuti oleh Belanda. Salah satu alasannya adalah karena kekuatannya yang sangat besar dan persenjataan yang kuat. Pada tahun 1948, ada perubahan nama dari korps ini menjadi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL).

Namun, nama korps ini kembali menjadi Korps Marinir sesuai dengan sejarah lahirnya pada tahun 1945. Hal ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kasal tanggal 14 November 1975.

Pertemuan Pertama Liga Bangsa-Bangsa

Sumber foto: Shutterstock

Liga Bangsa-Bangsa adalah sebuah organisasi yang bergerak pada bidang kerjasama Internasional. Liga Bangsa-Bangsa didirikan pada 10 Januari 1920 atas inisiatif sekutu yang menang pada akhir Perang Dunia I.

Organisasi ini memiliki peran penting dalam sejarah hubungan internasional. Tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk memelihara perdamaian universal dalam kerangka prinsip-prinsip dasar Pakta yang diterima oleh anggotanya.

Hari Kelahiran Jake ENHYPEN

Jake ENHYPEN
Jake ENHYPEN / Sumber foto: Instagram @enhypen

Jake ENHYPEN adalah salah satu artis K-pop terkenal asal Korea Selatan. Pria dengan nama asli Jake Sim ini lahir di Chungcheong-do, 15 November 2022. Setelah lahir, ia sempat pindah ke Australia dan tumbuh besar di sana. Sebelum kembali ke Korea Selatan, Jake sempat tergabung dalam grup orkestra sekolahnya dan sudah bermain biola selama 4 tahun.

Impian Jake untuk berkarier sebagai seorang idol muncul ketika dirinya melihat BTS tampil di American Music Awards. Pada tahun 2019 silam, Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS, mengadakan audisi global. Jake yang saat itu tinggal di Australia pun menjajal nasib ke Korea Selatan.

Baca Juga: “Today in History: Hari Diabetes Sedunia, Sampai Kelahiran Raja Charles

Jake sempat mengikuti training selama sembilan bulan sebelum mengikuti ajang pencarian bakat I-LAND bersama anggota ENHYPEN lainnya. Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang dan mendapatkan pelatihan, akhirnya Jake resmi ditetapkan sebagai anggota ENHYPEN yang debut pada 30 November 2020.

Saengil chukhaheyo, Jake!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *