Today in History: Kartun Popeye Pertama Kali Diperkenalkan

193
0
Today in History

Tanggal 17 Januari setiap tahunnya menjadi banyak peringatan peristiwa bersejarah yang ada di dunia. Peristiwa ini pun menjadi peringatan yang tak bisa kita lupakan sampai hari ini karena menjadi peringatan yang penting untuk kehidupan manusia sampai sekarang.

Siapa yang tidak tahu kartun Popeye? Kami pikir semua orang tahu tentang kartun yang berprofesi sebagai pelaut ini. Nah, ternyata pada tanggal 17 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai Popeye Day.

Peringatan ini dirayakan untuk memperingati kehadiran serial kartun ini pertama kali dalam bentuk komik pada tahun 1929.

Tak cuma sampai di situ, ada berbagai peristiwa menarik lagi yang wajib kamu ketahui, lho. Apa saja itu? Selengkapnya di “Today in History”.

Popeye Day

Ilustrasi Popeye / Shutterstock

Tanggal 17 Januari menjadi momen yang bersejarah bagi serial kartun Popeye. Pasalnya, pada hari ini tokoh kartun tersebut merayakan kemunculannya pada tahun 1929 dalam bentuk komik. Tokoh Popeye ini dibuat oleh seorang kartunis dan penulis asal Amerika, Elzie Crisler Segar.

Pada tahun 1933, Popeye memiliki serial kartun sendiri. “I Yam What I Yam” adalah kartun pertama dengan Popeye sebagai tokoh utamanya. Fleischer Studios merilis kartun ini pada tahun 1933 dan 1942. Bahkan, setelah satu abad, Popeye menjadi salah satu komik yang paling popular.

Penandatanganan Perjanjian Renville

Perjanjian Renville / Shutterstock

Perjanjian Renville adalah sebuah perjanjian antara Indonesia-Belanda yang terjadi pada rentang waktu 8 Desember 1947 sampai 17 Januari 1949 di atas kapal perang Amerika Serikat. Perjanjian ini diadakan untuk menyelesaikan perselisihan batas wilayah antara Indonesia dan Belanda.

Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Amir Sjarifuddin, Mr. Ali Sastroamidjojo dan Agus Salim, Dr. Leimena, Mr. Latuharhary, dan Kolonel T.B. Simatupang.

James Cook Jadi Orang Pertama yang Melintasi Antartika

Replika kapal James Cook / Shutterstock

James Cook adalah seseorang yang memiliki rasa tahu sangat tinggi. Oleh karenanya, beliau menjadi penjajah asal Inggris yang pertama kali yang melintasi Lingkaran Antartika pada 17 Januari 1773. Tidak hanya itu, ia juga menjadi orang pertama yang mengunjungi Hawaii dan orang Eropa Kedua yang berhasil mencapai Selandia Baru.

Ekspedisi dari James Cook dan ratusan ABK-nya membuktikan bahwa benus misterius Terra Australis tidak ada. Benua ini tadinya menjadi penanda bagi teori lama bahwa ujung bumi berada di paling selatan ditandai oleh benua Terra Australis, namun pernyataan itu patah usai misi yang dilakukan James Cook.

Hari Kelahiran Calvin Harris

Foto Calvin Harris / Shutterstock

Calvin Harris merupakan seorang DJ, penyanyi, penulis lagu, yang lahir pada 17 Januari 1984 di Skotlandia. Karya dari Calvin Harris sudah menjadi sebuah lagu yang fenomenal sejak ia melakukan debutnya.

Baca Juga: “Today in History: Konser Jazz Pertama Kali Digelar di Amerika

Pada tahun 2009, Calvin Harris merilis album Ready for The Weekend yang menjadi debut nomor satu di UK albums chart dan menjadi prestasi yang luar biasa untuk dirinya. Calvin Harris juga pernah memecahkan rekor karena delapan lagunya berada di 10 besar tangga lagu Inggris. Selamat ulang tahun Calvin Harris.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *